Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:33:42ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-08-26T07:43:08Z2015-04-24T10:35:59Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13848This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/138482014-08-26T07:43:08ZBIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI SOSIAL
DALAM MENGATASI KESULITAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA
MTs NEGERI 1 YOGYAKARTA
Berdasarkan observasi pra research yang dilakukan di MTs Negeri 1
Yogyakarta, terdapat sejumlah siswa yang mengalami kesulitan penyesuaian
sosial. Masih terbatasnya pengalaman remaja dalam memecahkan masalah,
menuntut adanya suatu bantuan dalam bentuk layanan bimbingan dan konseling.
Dari gambaran permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bentuk-bentuk kesulitan penyesuaian sosial siswa, faktor-faktor yang
menyebabkan kesulitan penyesuaian sosial siswa dan layanan bimbingan dan
konseling pribadi sosial dalam mengatasi kesulitan penyesuaian sosial siswa MTs
Negeri 1 Yogyakarta.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu proses penelitian yang
menghasilkan data deskriptif sebagaimana adanya (natural setting ). Penelitian
dilakukan di MTs Negeri 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu teknik wanwancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam
penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling serta siswa yang
teridentifikasi mengalami kesulitan dalam penyesuian sosial dilihat dari
karakteristik perilaku yang cenderung diabaikan atau ditolak. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu teknik analisis data model interaktif yang mencakup reduksi
data, penyajian data, dan verifikasi data. Adapun dalam mengecek keabsahan data
digunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat bentuk kesulitan
penyesuaian sosial siswa MTs Negeri 1 Yogyakarta, yaitu (1) kesulitan dalam
persahabatan, (2) merasa terasing dalam aktivitas kelompok, (3) kesulitan
menghadapi situasi sosial baru, (4) kesulitan memperoleh penyesuaian dalam
kelompok. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa-siswa mengalami kesulitan
dalam penyesuaian sosial meliputi: (1) faktor transisi dari sekolah dasar ke
sekolah menengah. (2) Perubahan-perubahan masa pubertas yang mengakibatkan
terjadinya banyak perubahan fisik maupun psikis siswa. (3) Perubahan kognisi
sosial. (4) Faktor kondisi keluarga. Pelaksanaan layanan bimbingan dan
konseling pribadi sosial dalam mengatasi kesulitan penyesuaian sosial siswa di
MTs Negeri 1 Yogyakarta meliputi layanan dasar berfungsi sebagai layanan
preventif dan pemeliharaan, layanan responsif berfungsi sebagai layanan kuratif
yang spesifik digunakan dalam mengatasi kesulitan penyesuaian sosial siswa
tertentu, perencanaan individual, dan dukungan sistem.
NIM. 1220410025 DWI PRATIWI LESTARI