Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:02:15ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-03-22T04:02:17Z2014-03-22T04:02:17Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11241This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/112412014-03-22T04:02:17ZANALISIS PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN
PADA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG
BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 3
YOGYAKARTA
DYAH WITASOKA. Analisis Peningkatan Kualitas Pembelajaran pada
guru Pendidikan Agama Islam yang bersertifikat Pendidik di SMK
Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama
Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013.
Mengingat kualitas pembelajaran bergantung pada kualitas dan keberhasilan
guru dalam mengajar, maka pemerintah telah mencanangkan program sertifikasi
guru dengan memberikan tambahan gaji dan beban mengajar guru setiap
bidangnya. Dari sertifikasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas
kompetensi guru . Selain itu, berkualitas atau tidaknya pembelajaran juga dapat
dilihat dari motivasi dan prestasi belajar peserta didik. Mengingat saat ini peserta
didik memiliki motivasi rendah dalam belajar dan prestasi yang dirasa masih
kurang memuaskan, terutama untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
(PAI). Rendahnya motivasi dan prestasi belajar dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam (PAI) inilah yang mengakibatkan pengetahuan dan nilai keislaman
sulit membentuk kepribadian peserta didik yang Islami. Adapun tujuan dari
penelitian ini ialah memberikan gambaran tentang seberapa tinggi tingkat
keberhasilan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) setelah mendapatkan sertifikat
pendidik dan menjadi tolak ukur untuk pembelajaran berikutnya.
Dari permasalahan inilah, peneliti melakukan penelitian tentang analisis
peningkatan kualitas pembelajaran pada guru Pendidikan Agama Islam yang
bersertifikat pendidik. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK
Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Jumlah subjek yang diteliti sebanyak 10
orang, yang terdiri dari kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan
beberapa peserta didik di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Teknik
pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sedangkan validitas data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan
kata-kata, karena penelitian ini bersifat deskritif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Adanya perubahan kompetensi setelah
guru Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta menjalani
sertifikasi guru. Perubahan kompetensi tersebut meliputi kompetensi pedagogik,
kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. 2) Dari
perubahan guru Pendidikan Agama Islam itulah yang memiliki keterkaitan dengan
adanya analisis peningkatan kualitas pembelajaran pada guru yang bersertifikat
pendidik. Peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilihat dari motivasi dan
prestasi belajar peserta didik. Hanya saja motivasi belajar peserta didik lebih
meningkat dibandingkan dengan prestasi belajar peserta didik setelah guru
Pendidikan Agama Islam menjalani sertifikasi guru, karena guru Pendidikan
Agama Islam di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta masih mengalami kesulitan
dalam membuat evaluasi yang tepat untuk peserta didik.
NIM. 10410010 DYAH WITASOKA