Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:50:13ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2018-10-22T08:44:42Z2018-10-22T08:44:42Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31180This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/311802018-10-22T08:44:42ZIMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI DALAM MENANGANI PENYESUAIAN DIRI YANG SALAH (MALADJUSMENT)SISWA DI SMA KOLOMBO SLEMANLatar belakang permasalahan ini adalah berdasarkan telah dilaksanakanya observasi
di SMA Kolombo Sleman, terdapat beberapa siswa yang mengalami perilaku maladjusment.
siswa yang berperilaku maladjusment yang dimaksudkan adalah anak yang mengalami
kesulitan beradaptasi dengan lingkungan sosialnya dan mengalami kesulitan untuk menjalin
komunikasi dengan teman sebayanya. tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bentuk-bentuk, faktor penyebab maladjusment, tahapan bimbingan dan konseling pribadi
dalam menangani siswa yang maladjusment setra untuk mengetahu perkembangan siswa
tersebut.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu sebuah proses penelitian yang
menghasilkan data deskriptif sebagaiman adanya yang terjadi di lapangan. dengan
menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru BK dan siswa yang mengalami
maladjustment di SMA Kolombo Sleman.
Hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menunjukkan bahwa terdapat bentukbentuk
maladjusment di SMA Kolombo Sleman diantaranya: jenuh tinggal di asrama, bolos
sekolah, alpa serta menggangu teman (nakal), serta faktor penyebab maladjusment siswa
tersebut diantaranya: faktor perkembangan anak, faktor lingkungan keluarga, faktor sosial
anak serta faktor sosial cultural yang berbeda. tahapan dalam bimbingan dan konseling
pribadi dalam menangani penyesuaian diri yang salah (maladjusment) di SMA Kolombo
diantaranya: 1. perencanaan, terdapat beberapa kegiatan: identifikasi masalah, mengatur
waktu pertemuan, menyiapkan teknis dan lanyanan serta menyiapkan administrasi, 2.
pelaksanaan, diantranya: tindakan awal, pertengahan, dan tindakan akhir. 3. evaluasi, 4.
tindak lanjut, 5. laporan. respon siswa bersifat positif, ada siswa yang mengalami perilaku
kea rah weel adjustment.NIM. 1520311081 DYESI KUMALASARI