Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T04:48:04ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-10-11T02:08:12Z2017-10-11T02:08:12Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27409This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/274092017-10-11T02:08:12ZPENGARUH KEGIATAN KEAGAMAAN DI LINGKUNGAN
SEKOLAH DAN KELUARGA TERHADAP PENGALAMAN
BERAGAMA PESERTA DIDIK SMP MUHAMMADIYAH 2
YOGYAKARTADea Tara Ningtyas, 2017. Pengaruh Kegiatan Keagamaan di Lingkungan
Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Pengalaman Beragama. Tesis Program
Pascasarjana Fakultas tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing Dr. Sumedi, M.Ag
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan: 1) seberapa
besar pengaruh kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah terhadap pengalaman
beragama peserta didik. 2) Seberapa besar pengaruh kegiatan keagamaan di
lingkungan keluarga terhadap pengalaman beragama peserta didiK. 3) Seberapa besar
pengaruh kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah dan keluarga terhadap
pengalaman beragama peserta didik. 4) Implementasi kegiatan keagamaan di
lingkungan sekolah dan keluarga sehingga berpengaruh terhadap pengalaman
beragama peserta didik.
Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan
menggunakan pendekatan survey. Subyek penelitian dipilih dengan Simple Random
Sampling, sejumlah 115 peserta didik kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan
dengan metode wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dengan cara
statistic yakni menggunakan rumus regresi sederhana dan regresi ganda.
Hasil penelitian ini adalah: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara
kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah dan kegiatan keagamaan secara simultan
terhadap pengalaman beragama sebesar 0.735, dengan koefisien determinasi 0.347,
yang menunjukkan bahwa pengalaman beragama dipengaruhi oleh kegiatan
keagamaan di lingkungan sekolah sebesar 34.7%. 2) terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah terhadap pengalaman
beragama sebesar 0.667, dengan koefisien determinasi 0.411, yang menunjukkan
bahwa pengalaman beragama dipengaruhi oleh kegiatan kegamaan di lingkungan
keluarga sebesar 41.1%. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kegiatan
keagamaan di lingkungan sekolah dan keluarga terhadap pengalaman beragama
dengan koefisien determinasi 0.413, yang menunjukkan bahwa pengalaman beragama
dipngaruhi oleh kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah dan keluarga sebesar
41.3%. 4) terdapat faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman beragama di
luar variabel kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah ( ) dan kegiatan
keagamaan di lingkungan keluarga ( ) yakni, motivasi internal peserta didik.
Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengalaman beragama
dapat ditingkatkan melalui kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah dan keluarga.
Tetapi faktor-faktor lain turut juga mempengaruhi pengalaman beragama peserta
didik. Saran yang diberikan penulis yakni meningkatkan program keagamaan yang
sudah berjalan agar terus konsisten dan memperkuat budaya islami di lingkungan
sekolah maupun keluarga, sehingga siswa lebih menghayati nilai-nilai agama yang
diperbuatnya dan tidak menganggap hanya sebagai formalitas belaka.NIM: 1520410061 Dea Tara Ningtyas