Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:27:53ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2022-06-08T07:56:48Z2022-06-08T07:56:48Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51187This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/511872022-06-08T07:56:48ZPROBLEMATIKA PROSES
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
SISWA TUNA NETRA KELAS XI
DI SEKOLAH MAN 2 SLEMAN
YOGYAKARTA TAHUN
AJARAN 2019-2020Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.
Metode yang pengumpulan datanya diperoleh dari hasil
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
ini menyimpulkan bahwa ketika dalam proses
pembelajaran bahasa Arab terdapat beberapa problematika
yang dialami siswa tuna netra diantaranya adalah keluhan
mengenai pendampingan yang kurang optimal ketika
proses pembelajaran berlangsung, masih belum sesuai
dalam pengucapan makharijul khuruf, kemudian mereka
merasa kesulitan karena mereka tidak bisa melihat dan
tidak adanya kamus braille yang menggunakan bahasa
Arab dalam bentuk LKS atau juga printer braille, sering
kesulitan mengerjakan tugas dalam LKS dikarenakan
kurangnya pendampingan secara ekstra, kesulitan
memahami kosa kata yang diucapkan oleh guru sehingga
terkadang mereka ketika disuruh mengucapkan ulang
kurang sesuai, dan juga masih kesulitan dalam kaidah
imla.
Dari beberapa hasil diatas peneliti ingin
menyampaikan saran dan masukan secara keseluruhan dari
hasil penelitian ini. Bahwasannya guru bahasa Arab dan
pihak sekolah untuk lebih akses lagi terhadap siswa tuna
netraNIM : 14420002 Dede Saepurrohman2020-06-03T02:52:39Z2020-06-03T02:53:00Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39445This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/394452020-06-03T02:52:39ZPROBLEMATIKA PROSES
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
SISWA TUNA NETRA KELAS XI
DI SEKOLAH MAN 2 SLEMAN
YOGYAKARTA TAHUN
AJARAN 2019-2020Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.
Metode yang pengumpulan datanya diperoleh dari hasil
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
ini menyimpulkan bahwa ketika dalam proses
pembelajaran bahasa Arab terdapat beberapa problematika
yang dialami siswa tuna netra diantaranya adalah keluhan
mengenai pendampingan yang kurang optimal ketika
proses pembelajaran berlangsung, masih belum sesuai
dalam pengucapan makharijul khuruf, kemudian mereka
merasa kesulitan karena mereka tidak bisa melihat dan
tidak adanya kamus braille yang menggunakan bahasa
Arab dalam bentuk LKS atau juga printer braille, sering
kesulitan mengerjakan tugas dalam LKS dikarenakan
kurangnya pendampingan secara ekstra, kesulitan
memahami kosa kata yang diucapkan oleh guru sehingga
terkadang mereka ketika disuruh mengucapkan ulang
kurang sesuai, dan juga masih kesulitan dalam kaidah
imla.
Dari beberapa hasil diatas peneliti ingin
menyampaikan saran dan masukan secara keseluruhan dari
hasil penelitian ini. Bahwasannya guru bahasa Arab dan
pihak sekolah untuk lebih akses lagi terhadap siswa tuna
neNIM : 14420002 Dede Saepurrohman