Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:51:19ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2020-08-23T13:25:37Z2020-08-23T13:25:37Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40590This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/405902020-08-23T13:25:37ZPRASANGKA ANTAR KELOMPOK PENGEMUDI
TRANSPORTASI KONVENSIONAL (OJEK
PANGKALAN) DAN PENGEMUDI
TRANSPORTASI BERBASIS APLIKASI (OJEK
ONLINE) DI YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika dan faktor
yang memengaruhi prasangka antar kelompok ojek konvensional dan
ojek online beserta cara mereduksi prasangka tersebut. Total informan
dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari 2 orang
pengemudi ojek konvensional dan 2 orang pengemudi ojek online.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik
pendekatan studi kasus. Pengambilan data informan menggunakan
teknik wawancara dan observasi. Berdasarkan data yang telah
ditemukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
ketersalingan berprasangka antara kelompok ojek konvensional dan
ojek online. Hal ini ditandai dengan penolakan kelompok ojek
konvensional terhadap ojek online karena dianggap merebut lapangan
kerja. Selain itu, kelompok ojek online juga merasakan kekhawatiran
dalam bekerja karena sistem zonasi. Kehadiran ojek online tidak
sepenuhnya mencapai apa yang ditargetkan yaitu mengumpulkan para
pengemudi ojek konvensional untuk dipayungi oleh satu perusahaan
sekaligus mampu meningkatkan penghasilan. Namun, kenyataan yang
terjadi adalah penolakan oleh kelompok ojek konvensional akan
hadirnya ojek online yang menyebabkan persaingan, konflik dan
prasangka. Adapun cara yang ditemukan untuk mereduksi prasangka
antar kedua pihak yakni dengan menerapkan rekategorisasi dimana
kedua kelompok menyamakan nilai dan tujuan yaitu mencari nafkah
bersama-sama sebagai pengemudi ojek14710038 Deky Pradana