Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:05:25ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-02-24T01:53:58Z2017-02-24T02:06:29Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24134This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/241342017-02-24T01:53:58ZPEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI SANGGAR KEGIATAN
BELAJAR DI KABUPATEN SUKOHARJOterjadi di masyarakat. Sehingga untuk meminimalisir banyaknya masalah
sosial yang terjadi dimasyarakat, maka banyak program pemberdayaan yang telah
dilaksanakan oleh berbagai pihak mulai dari pihak pemerintah, swasta, maupun
Lembaga Swadaya Masyarakat. Ini mengindikasikan bahwa pemberdayaan adalah
paradigma baru pembangunan yang telah menjadi komitmen dari semua
komponen bangsa. Dalam hal ini khususnya pemberdayaan yang ditujukan kepada
masyarakat Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
program apa saja yang dimiliki Sanggar Kegiatan Belajar dalam melakukan
pemberdayaan masyarakat, proses apa saja yang dilewati dalam melakukan
program pemberdayaan masyarakat serta kendala apa yang dialami pada saat
proses pemberdayaan berlangsung. Dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1)
Bagaimana program pemberdayaan di Sanggar Kegiatan Belajar, (2). Bagaimana
proses pemberdayaan di Sanggar Kegiatan Belajar, dan (3). Bagaimana kendala
pemberdayaan di Sanggar Kegiatan Belajar Sukoharjo.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan
data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan metode analisa data
yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Program pemberdayaan di
Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Sukoharjo meliputi Program PAUD
(Pendidikan Anak Usia Dini) melalui kelompok bermain dan Program DIKMAS
(Pendidikan Masyarakat) yang terdiri dari Program Keaksaraan, Program
Kesetaraan, Pemberdayaan perempuan, KWD (Kursus Wirausaha Desa). (2)
proses pemberdayaan di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Sukoharjo meliputi
proses reguler dan proses insidental. (3) Ada beberapa kendala dalam
pemberdayaan di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Sukoharjo antara lain :
Kendala Luasan Lokasi, kendala pendanaan, dan kendala motivasi.NIM. 10230045 Dibti Witiningtiyas Rahayuni