Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:04:44ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2020-09-09T03:09:23Z2020-09-09T03:09:23Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40910This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/409102020-09-09T03:09:23ZIMPLEMENTASI INTEGRASI ILMU-ILMU RASIONAL
DALAM MATERI PAI DI SMA IT ABU BAKAR
YOGYAKARTAKeilmuan yang dipadukan dengan nilai-nilai Islam
menjadikan kehidupan manusia lebih mulia. Dengan batas-batas nilai
agama yang jelas, manusia terjaga dari ancaman dehumanisasi.
Keduanya memiliki ranah bahasan yang berbeda dan tidak saling
bertegur sapa. Hal ini memunculkan anggapan bahwa ilmu agama
(Islam) dan ilmu rasional (Sains) tidak dapat dipadukan, sehingga
menimbulkan pola pikir dikotomistik terutama dalam bidang
pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
pemaduan ilmu-ilmu rasional kedalam materi PAI di SMA IT Abu
Bakar Yogyakarta dan bagaimana keberhasilan integrasi Ilmu-ilmu
Rasional Kedalam Materi PAI di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta.
Sains (ilmu rasional) adalah suatu deretan konsep serta
sksema konseptual yang berhubungan satu sama lain dan tumbuh
sebagai hasil eksperimentasi dan observasi, serta berguna untuk
diamati dan dieksperimentasikan lebih lanjut.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field
research) yang bersifat kualitatif. Dalam menentukan subyek
penelitian, penelitian ini menggunakan tehknik purposive sampling
yaitu kepala sekolah, guru PAI, matematika, kimia, biologi, sejarah,
geografi dan siswa kelas X. Sedangkan dalam pengumpulan data
penelitian ini menggunakan metode obsevasi partisipan, wawacara
mendalam dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini
mengunakan tehknik reduksi data. Penyajian data, verifikasi dan Uji
Keabsahan Data.
Hasil penelitian ini adalah : 1. Pemaduan Ilmu-ilmu Rasional
dalam Materi PAI di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta bisa dilihat saat
proses pembelajaran PAI bahwasanya guru PAI DI SMA IT Abu
Bakar telah mengintegrasikan ilmu-ilmu rasional dalam materi PAI,
hal ini terbukti ketika guru PAI menjelaskan materi tentang “imam
kepada Allah” guru PAI mengintegrasikannya dengan ilmu geografi
tentang “bencana alam”, dan materi tentang “Al-Qur’an dan Hadits”
diintegrasikan dengan ilmu Matematika tentang “Penomoran Angkax
angka” dan beberapa materi lain yang telah peneliti jelaskan di dalam
tesis ini. 2. Keberhasilan integrasi ilmu-ilmu rasional dalam materi
PAI di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta proses pembelajaran adalah
mampu meningkatkan kreatif siswa, prestasi belajar siswa serta aktif
dalam belajar yang peneliti temukan dalam proses belajar mengajar
di kelas. Contoh ketika guru PAI memberikan pertanyaan siswa
mampu menjawab dengan jawaban yang tepat dan siswa mampu
mengungkap gagasan-gagasan dengan luwes dan lancar. Selain itu
integrasi juga mampu membuat siswa lebih antusias dalam proses
belajar mengajar serta siswa mengaitkan dengan alam sekitar.17204010003 Dwi Noviatul Zahra