Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:22:47ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-02-13T17:25:47Z2015-04-24T08:34:12Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6955This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69552013-02-13T17:25:47ZNILAI-NILAI PENDIDIKAN KISAH YUSUF AS DALAM AL-QURANMaraknya perilaku anarkis, sulitnya mencari orang jujur, mahalnya rasa
kedamaian, dan sepinya rasa tanggung jawab, bisunya suara hati nurani,
menipisnya rasa toleransi, serta amanat yang sering diabaikan, dan munculnya
budaya-budaya instant. Hal tersebut merupakan pertanda lunturnya nilai-nilai
kehidupan dan pergeseranya, yang semestinya menjadi pedoman dan diterapkan
dalam kehidupan. Maka untuk memperbaiki keadaan ini, perlu digali lagi nilainilai
kehidupan dan penanamannya di lingkungan sekolah, masyarakat, dan
keluarga.
Dengan menjadikan kisah Nabi Yusuf as dalam al-Quran serta peristiwaperistiwa
menjadikan objek, maka penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi
atau mengungkap nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kisah Yusuf as
dalam al-Quran, mengacu pada kitab-kitab tafsir, dengan menggunakan analisis
kualitatif, berupa teori-teori, konsep-konsep, pernyataan-pernyataan beberapa ahli
yang memiliki relevansi dengan masalah yang dibahas, dimana penyajiannya
bersifat deskriftif dengan menggunakan metode berfikir induktif dan deduktif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kepustakaan (Library Research) yaitu penelitian dengan mengumpulkan data-data
yang memiliki relevansi dengan masalah yang dibahas, baik itu yang bersumber
dari buku atau sumber tertulis lainnya (makalah, artikel, atau laporan penelitian).
Adapun metode yang digunakan untuk menganalisa data tersebut adalah metode
analisis isi (content analysis), yakni melakukan analisa terhadap makna yang
tertuang dalam keseluruhan tentang nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam
kisah Yusuf as. kemudian dijabarkan secara rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sisi kehidupan keagamaan Yusuf as
jauh lebih ditekankan daripada aspek kepribadianya yang lain, dengan demikian
kisah ini mengandung nilai-nilai pendidikan yang bersifat unversal dan abadi
dalam kehidupan ini, sebagaimana nilai-nilai universal yang digagas oleh
UNESCO, yakni kedamaian, penghargaan, cinta, toleransi, kejujuran, kerendahan
hati, kerjasama, kebahagiaan, tanggun jawab, kesederhanaan, kebebasan, dan
persatuan. Selain dua belas nilai tersebut adalah nilai kesabaran, kesabaran
menjadi salah satu kunci kesuksesan Nabi Yusuf dan keluarganya dalam
menghadapi berbagai ujian dan cobaan. Maka Kisah Nabi Yusuf as sangat tepat
untuk digunakan sebagai media dalam penanaman nilai-nilai luhur dalam
kehidupan baik di keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat.NIM. 09226014 Dzulhaq Nurhadi