Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:19:00ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2019-02-14T07:00:42Z2019-02-14T07:00:42Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33179This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/331792019-02-14T07:00:42ZUPAYA GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER AKHLAK MULIA PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB PAMARDI PUTRA YOGYAKARTALatar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pentingnya karakter akhlak mulia pada setiap orang dalam menjalani kehidupan sehari-hari begitu pula pada anak tunagrahita yang memiliki latar belakang berkebutuhan khusus yang mana anak berkebutuhan khusus membutuhkan proses yang bertahap dan membutuhkan waktu yang panjang karena kemampuan siswa yang jauh berbeda dengan anak-anak normal pada umumnya, dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengananlisis upaya yang di lakukan oleh guru PAI dalam membentuk karakter akhlak mulia pada anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SLB Pamardi Putra Yogyakarta. Pengumpulan data dengan melakukan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data mengggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Sumber data adalah guru PAI dan kepala sekolah SLB Pamardi Putra. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) upaya yang dilakukan guru PAI dalam membentuk karakter akhlak mulia pada anak tunagrahita dengan pembiasaan yang baik, upaya yang kedua yaitu memberikan contoh sikap yang baik seperti membuang sampah pada tempatya dan berkata-kata yang baik dan upaya yang terakhir yaitu memberikan contoh dari cerita-cerita, mengambil pelajaran dari sebuah cerita yang disampaikan pada siswa, Upaya yang di lakukan tersebut perupakan strategi forced formaliti dan metode story telling, yang mana strategi forced formaliti merupakan penegakan disiplin dan pembiasaan dan metode story teling yaitu bercerita. 2) Hasil dari upaya yang dilakukan guru PAI ditinjau dari akhlak siswa terhadap Allah adanya kesadaran siswa untuk menjalankan kewajiban yang ditetapkan Allah, dilihat dari akhlak siswa terhadap sesama manusia, siswa sudah mampu berkomunikasi dengan baik dengan orangorang di sekitarnya mampu berbicara dengan sopan, dan dilihat dari akhlak siswa terhadap lingkungan sangat terlihat jelas dengan sikap siswa yang menjaga
kebersihan di sekitanya, dapat kita simpulkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru PAI di SLB Pamardi Putra berjalan dengan baik dan sangat mempengaruhi perkembangan karakter akhlak mulia pada siswa. 3) faktor pendukung dari upaya yang dilakukan oleh guru PAI yaitu adanya dukungan penuh dari pihak sekolah, adanya dukungan dari orang tua siswa, dan adanya kemauan dari siswa. Sedangkan faktor penghambat upaya guru tersebut ialah kurangnya tindak lanjut dari orang tua atas apa yang telah diupayakan guru terhadap perkembangan akhlak mulia pada siswa di sekolah.NIM. 14410003 ECI ANGGRAINI BR S