Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:48:35ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-06-19T07:12:23Z2016-01-27T02:15:32Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12916This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/129162014-06-19T07:12:23ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
BERBASIS EDUTAINMENT BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH
PROFESSIONAL 8 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN
MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA POKOK BAHASAN
LINGKARAN UNTUK SISWA SMP/MTs
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengembangkan media pembelajaran
matematika berbasis edutainment yang berkualitas berbantuan macromedia flash
professional 8 pokok bahasan lingkaran untuk Siswa SMP/MTs, 2)
mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media
pembelajaran berbasis edutainment, 3) meningkatkan minat belajar siswa terhadap
kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran matematika berbasis
edutainment berbantuan macromedia flash professional 8, 4) memfasilitasi
kemampuan pemahaman konsep siswa menggunakan media pembelajaran
matematika berbasis edutainment berbantuan macromedia flash professional 8.
Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan
Research and Development (prosedural), yaitu model Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation atau yang biasa disebut dengan model
ADDIE. Pengembangan ini menggunakan lima tahapan, sehingga menghasilkan
media pembelajaran matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
meliputi angket ahli materi, angket ahli media, angket respon siswa, angket minat
belajar dan soal post test. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik
persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika
berbasis edutainment pada materi lingkaran dinyakatan sangat baik, dapat
meningkatkan minat belajar dan memfasilitasi pemahaman konsep siswa. Hal
tersebut berdasarkan: (1) Penilaian oleh ahli materi dengan skor rata-rata 90,75
atau 86,43% dengan kriteria “sangat baik”. Sedangkan penilaian ahli media
dengan skor rata-rata 86 atau 81,90% dengan kriteria “sangat baik”. (2) Penilaian
siswa melalui angket respon, diperoleh skor rata-rata 2,97 atau 45,24 dengan
kriteria “baik atau positif”. (3) Angket minat belajar, diperoleh skor rata-rata
sebelum tindakan 59,63% dengan kategori sedang dan sesudah tindakan 75,03%
dengan kategori tinggi. (4) Evaluasi post test, didapatkan ketuntasan belajar siswa
mencapai presentase 67,74% dengan kriteria baik dari 31 siswa, banyak siswa
yang tuntas 21 siswa dan yang tidak tuntas 10 siswa.
NIM. 10600006 EDI CAHYONO