Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:35:57ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-03-12T08:57:37Z2014-03-12T08:57:37Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10219This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/102192014-03-12T08:57:37ZMETODE PEMBELAJARAN TAUHID
DI PANTI WREDHA BUDHI DHARMA PONGGALAN
UMBULHARJO YOGYAKARTAEdi Hermawan, Metode Pembelajaran Tauhid di Panti Wredha Budhi
Dharma Ponggalan Umbulharjo Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Yogyakarata. 2012.
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam setiap pembelajaran
tidak luput dari penggunaan metode. Metode mempunyai kedudukan penting
dalam pencapaian tujuan, serta memberi makna pada materi. Tanpa metode
materi pelajaran tidak berproses secara efisien dan efektif dalam mencapai
tujuan. Sehubungan dengan pentingnya metode dalam pembelajaaran maka
guru dituntut tidak hanya menguasai materi saja akan tetapi ia harus menguasai
berbagai metode dan teknik pembelajaran guna kelangsungan transformasi dan
internalisasi materi pelajaran. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini
adalah metode apa saja yang digunakan dalam pembelajaran tauhid di Panti
Wredha Budhi Dharma. Bagaimana hasil dari penggunaan metode
pembelajaran tauhid di Panti Wredha Budhi Dharma dan apa saja faktor
pendukung dan penghambat dalam pembelajaran tauhid di Panti Wredha Budhi
Dharma.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil tempat
di Panti Wredha Budhi Dharma Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan
dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Kemudian
menganalisis data untuk mengetahui keabsahan dan kevalidan data sehingga
dapat ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode Pembelajaran Tauhid
yang digunakan di Panti Wredha Budhi Dharma yaitu pembelajaran melalui
keteladanan, nasehat, pembiasaan, mengisi kekosongan, peristiwa. (2) Hasil
dari penggunaan metode pembelajaran tauhid di Panti Wredha Budhi Dharma
dapat dikatakan berhasil, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada
peningkatan intensitas ibadahnya, prilaku sehari-harinya dalam pergaulan
terhadap sesama penghuni panti, karyawan dan lingkungan. (3) Faktor
pendukung dalam pembelajaran tauhid adalah: minat belajar para manula
sangat tinggi, serta dukungan dari pihak panti sedangkan faktor penghambat
adalah: tingkat kecerdasan para manula berbeda-beda dan keadaan fisik
mereka.NIM. 08410074 EDI HERMAWAN