Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:06:45ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-08-05T06:09:18Z2016-08-05T06:09:18Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21476This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/214762016-08-05T06:09:18ZPROBLEMATIKA MAHĀRAH AL-KITABAH
DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
DI KELAS VII MTS N SLEMANEfrinda Neli Nur’aini : Problematika Mahārah Al-Kitābah Dalam
Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas Vii Mts N Sleman, Tesis, Yogyakarta :
Program Studi Pendidikan Islam. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan
Kalijaga Yogyakarta, 2016.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), yaitu penelitian
yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk memperoleh data yang
diperlukan. Penelitan yang digunakan adalah pendekatan pedagogis, yaitu
pendekatan yang dilakukan dari sudut pandang ilmu pendidikan dengan analisis
deskriptif. Dan untuk data sifatnya kualitatif, penulis menggunakan metode
induktif yaitu suatu proses berfikir untuk memperoleh kesimpulan dari data
khusus menuju kesimpulan umum, sehingga peneliti dapat mengolah dan
menganalisis data-data yang ditemukan untuk menemukan problematika Mahārah
Al-Kitābah apa yang dihadapi serta upaya apa yang dilakukan oleh guru untuk
mengatasi problematika tersebut.
Hasil penelitian menunjukan: 1). Problematika pembelajaran Mahārah Al-
Kitābah di kelas VII MTs Negeri Sleman Maguwoharjo yaitu peserta didik
kesulitan dalam menulis huruf-huruf hijaiyah dengan bentuk yang berbeda-beda,
kurang mengerti dalam membedakan huruf mana yang ditulis diatas garis dan
dibawah garis, kesulitan dalam menyambung huruf-huruf hijaiyah, kesulitan
dalam menulis huruf yang hampir sama pengucapannya. Latar belakang yang
berasal dari sekolah umum (SD), kurang adanya dukungan orang tua, kurang
adanya minat dan motivasi dalam belajar bahasa Arab. Sedangkan problematika
yang dialami guru yaitu kurangnya alokasi waktu untuk pembelajaran mahārah
al-kitabah. 2). Usaha yang telah dilakukan adalah menumbuhkan motivasi peserta
didik, memberi pencerahan kepada peserta didik dengan menjelaskan dan
mendorong siswa agar tidak menganggap belajar bahasa Arab khususnya
Mahārah Al-Kitābah itu sulit, menumbuhkan minat dan semangat peserta didik.
Peserta didik berusaha selalu belajar di kelas ataupun di rumah, peserta didik
selalu berusaha mengikuti pelajaran bahasa Arab khususnya berlatih menulis
dengan serius.NIM. 1420411108 EFRINDA NELI NUR’AINI SPDI