Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T04:45:56ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-05-12T01:01:46Z2015-05-12T01:07:02Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16051This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/160512015-05-12T01:01:46ZKONSEP PENDIDIKAN KARAKTER
DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
ALA SURAU DI MINANGKABAUEla Barti. Konsep Pendidikan Karakter Ala Surau Dalam Pendidikan
Agama Islam di Minangkabau. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama
Islam fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014.
Latar belakang dari penelitian ini adalah karena dekadensi moral yang
terjadi di Indonesia telah menimpa hampir semua kalangan.Sistem pendidikan
yang gagal dan hanya berorientasi pada kuantitas menjadi sebab rusaknya karakter
bangsa Indonesia. Saat ini sistem pendidikan inovatif yang berkualitas sangat
dibutuhkan sebagai solusi dalam revitalisasi moral dan karakter bangsa. Surau
merupakan lembaga pendidikan Islam di Minangkabau pada masa dulu. Sistem
pendidikannya yang berkualitas dan berkarakter terbukti berhasil mencetak
generasi bangsa yang berkarakter dan membanggakan. Oleh karena itu penulis
mencoba menganalisis system pendidikan karakter yang ada pada Pendidikan
agama Islam di Surau. Dari latar belakang tersebut penulis merumuskan dua
rumusan masalah yaitu: 1). Bagaimana konsep pendidikan Agama Islam Surau di
Minangkabau dalam membangun karakter bangsa? 2). Apakah sistem pendidikan
karakter ala Surau tempo dulu relevan bagi pendidikan Islam masa kini khususnya
di Indonesia? Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan salah satu rujukan dan
alternatif dalam sistem pendidikan agama Islam di Indonesia. Selain itu penelitian
ini diharapkan mampu merevitalisasi pendidikan surau di Minangkabau yang kian
terandam.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, (library research)
dengan pendekatan sosiologis-historis. Data diperoleh dari literatur kepustakaan,
dokumentasi dan wawancara dengan pelaku sejarah pendidikan surau di
Minangkabau. Kemudian peneliti menganalisis data tersebut secara deduktif dan
induktif. Hasil penelitian menunjukkan, pertama Pendidikan Agama Islam yang
berjalan di surau mengandung nilai-nilai dasar pendidikan karakter yang sesuai
dengan konsep pendidikan karakter di Indonesia. Pendidikan dan lingkungan
surau merupakan faktor ekstern yang dapat membentuk karakter manusia.
Pendidikan ala surau memenuhi kriteria pendidikan karakter yakni keteraturan
interior berdasarkan hirarki nilai yang ada dalam surau, koherensi dan teguh pada
prinsip yang diajarkan dalam surau, adanya internalisasi nilai dalam pribadi urang
siak, dan keteguhan dan kesetiaan urang siak pada tradisi dan ajaran surau.
pendidikan Agama Islam ala surau juga mengandung nilai dasar pendidikan
karakter yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri,
demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai
prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Kedua, Konsep dan sistem
pendidikan agama Islam ala surau masih sangat relevan dengan kemajuan
pendidikan saat ini. Dengan syarat adanya penambahan kurikulum yang sesuai
dengan perkembangan IPTEK. Surau tidak hanya diperuntukkan bagi remaja lakilaki
saja, perempuan juga berhak untuk mengenyam pendidikan surau. Yang perlu
diadopsi adalah sistem dan konsep pendidikan surau zaman dulu untuk diterapkan
pada pendidikan agama Islam sekarang ini, dengan catatan disesuaikan dengan
situasi dan pendidikan Islam di Indonesia saat ini.NIM. 10410012 ELA BARTI