Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:50:02ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-08-04T01:57:36Z2016-08-04T01:57:36Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21362This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/213622016-08-04T01:57:36ZSEQUENCE KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN
BAHASA ARAB KURIKULUM 2013 JENJANG PENDIDIKAN
MI, MTS DAN MAEla Isnani Munawwaroh, S.Pd.I. Sequence Kompetensi Dasar Mata
Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2013 Jenjang Pendidikan MI, MTs dan MA.
Tesis. Prodi Pendidikan Islam, Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab, Magister
Pendidikan Islam: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.
Pembimbing: Dr. Abdul Munip, M.Ag.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dua penelitian yang pernah dilakukan
sebelumnya oleh peneliti lain yang mengkaji tentang sequence KTSP mata
pelajaran bahasa Arab. Kedua penelitian tersebut menunjukkan hasil bahwa masih
ditemukan kekurangan dalam penyusunan kurikulum bahasa Arab, baik pada
tujuan pembelajaran maupun bahan pelajaran bahasa Arab. Adanya perubahan
kurikulum menjadi kurikulum 2013 seharusnya menghasilkan kualitas kurikulum
yang lebih baik, karena pengembangan suatu kurikulum seharusnya merupakan
perbaikan terhadap kurikulum sebelumnya. Oleh karena itu, analisis terhadap
kurikulum 2013 ini layak dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut sequence
kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Arab.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
kepustakaan (library research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
dengan teknik dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data tersebut
digunakan teknik analisis isi (content analysis) dengan metode deskriptif analitis.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang diungkapkan
oleh Jack C. Richard yang mengungkapkan bahwa dalam menentukan urutan
(sequence) tujuan dan materi pelajaran didasarkan pada kriteria-kriteria berikut,
yaitu simple to complex, chronology, need, prerequisite learning, whole to part or
part to whole dan spiral sequenceing.
Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: pertama,
Kompetensi Dasar mata pelajaran bahasa Arab dalam Kurikulum 2013
dikelompokkan menjadi tiga ranah, yakni ranah sikap, ranah pengetahuan dan
ranah keterampilan. Ranah sikap dibagi menjadi ranah sikap spritual dan ranah
sikap sosial. Kedua ranah ini merupakan nilai-nilai yang ingin dicapai dari proses
pembelajaran bahasa Arab. Sedangkan kegiatan pembelajaran bahasa Arab
terdapat dalam ranah pengetahuan dan ranah keterampilan. Dari hasil analisis
terhadap empat kemahiran berbahasa pada kompetensi dasar tersebut diperoleh
bahwa terdapat tiga bentuk kegiatan menyimak, delapan bentuk kegiatan
berbicara, empat bentuk kegiatan membaca dan lima bentuk kegiatan menulis.
Sedangkan untuk topik-topik pelajaran bahasa Arab serta tata bahasa yang
disajikan disesuaikan dengan kelas tertentu. Kedua, sequence kompetensi dasar
mata pelajaran bahasa Arab kurikulum 2013 jenjang MI, MTs dan MA dibagi
menjadi dua, yaitu a) ranah sikap spritual dan sikap sosial. Pada ranah ini,
sequence kompetensi dasar yang disajikan dimulai dari sikap-sikap yang
sederhana menuju sikap-sikap yang lebih kompleks; b) ranah pengetahuan dan
keterampilan, yang mencakup empat komponen berbahasa dan dua komponen
bahasa. Untuk empat kemahiran berbahasa, kompetensi yang disajikan dimulai
x
dari bentuk yang sederhana menuju bentuk yang lebih kompleks. Namun
demikian terdapat beberapa kelemahan yang ditemukan, yaitu terdapat penurunan
kompetensi kemahiran menyimak pada jenjang MA dan tidak adanya fokus
pembelajaran kemahiran membaca dengan suara nyaring pada jenjang MI-MTs.
Sedangkan untuk topik-topik pelajaran dan materi tata bahasa, sequence yang
digunakan adalah spiral sequenceing, dimana terdapat beberapa pengulangan
tema pada kelas selanjutnya yang merupakan pendalaman dari tema tersebut.NIM. 1420410035 ELA ISNANI MUNAWWAROH, SPDI