Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:53:09ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2019-03-08T06:21:28Z2019-03-08T06:21:28Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33649This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/336492019-03-08T06:21:28ZUPAYA MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK DI TK ABA KARANGASEM
BOKOHARJO PRAMBANAN SLEMANLatar belakang penelitian ini adalah pentingnya manajemen humas dalam
suatu organisasi, terutama apabila organisasi tersebut sering berinteraksi dengan
masyarakat luas. Keberadaan humas dalam sebuah lembaga atau instansi dapat
menjadi jembatan penghubung antara lembaga tersebut dengan publiknya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan manajemen
hubungan masyarakat dalam meningkatkan jumlah peserta didik di TK ABA
Karangasem serta yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam
upaya meningkatkan jumlah peserta didik tersebut. Penelitian ini merupakan
penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar di TK ABA
Karangasem. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
data kualitatif, dengan menggunakan reduksi data, data display dan verivikasi.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Upaya manajemen hubungan masyarakat
dalam meningkatkan jumlah peserta didik di TK ABA Karangasem meliputi dua
kegiatan yaitu; kegiatan internal dan eksternal. (2) Faktor pendukung dan faktor
penghambat manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan jumlah
peserta didik di TK ABA Karangasem meliputi; faktor pendukung; (a)
Terlaksananya semua program kehumasan dengan baik, (b) sistem kerja yang
bersifat kekeluargaan sehingga dapat menciptakan suasana kerja yang harmonis;
Faktor penghambat; (a) terjadinya miss komunikasi antara pihak sekolahan
dengan masyarakat sehingga masyarakat ketinggalan informasi tentang sekolah,
(b) adanya persaingan antar sekolah terekat, (c) letak sekolah yang kurang terlihat
dari tepi jalan raya, (d) dari faktor internal yaitu guru tidak semuanya bisa datang
lebih pagi untuk mengajar Iqro’.NIM. 14430072 ELISA SEPTI UTAMI