Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:38:40ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2019-02-12T01:46:19Z2019-02-12T01:46:19Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33081This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/330812019-02-12T01:46:19Z“ IMPLEMENTASI PEMBINAAN SOFT SKILLS SISWI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
DI MADRASAH MU‟ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA”Elpin Eliana, 2018, Implementasi Pembinaan Soft Skills Siswi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di
Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Tesis, Program Studi Pendidikan Islam, Konsentrasi
Manajemen Kebijakan Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan
Kalijaga Yogyakarta. Pembimbing: DR. Istiningsih, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi pembinaan soft skills siswi di Madrasah
Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, dengan rumusan masalah: 1) Apa saja pembinaan soft skills
siswi di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, 2) bagaimana implementasi pembinaan soft
skills di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, 3) apa dampak implementasi pembinaan soft
skills siswi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi
secara mendalam untuk memperoleh data yang akurat untuk diolah dalam bentuk deskripsi. Wawancara
dilakukan kepada Direktur, Wakil Direktur, Kepala Urusan, perwakilan siswi, pamong Mubaligh Hijrah,
dan perwakilan wali siswi. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal Maret 2016 sampai dengan Juli
2018 di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, area Masjid Gedhe, dan lokasi Mubaligh Hijrah
di wilayah Kulon Progo. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan proses analisis
sejak pengambilan data pertama sampai dengan selesainya penulisan laporan.
Hasil dari penelitian ini adalah: jenis pembinaan soft skills siswi di Madrasah Mu’allimaat
Muhammadiyah Yogyakarta terdiri dari: pembinaan soft skill siswi di Madrasah Mu’allimaat
Muhammadiyah Yogyakarta terdiri dari kegiatan di bidang: ekstrakurikuler, bahasa dan kepesantrenan,
keterampilan hidup dan kewirausahaan, sosial kemasyarakatan, olimpiade dan duta lomba, karya tulis
ilmiah, keguruan/ilmu pendidikan, organisasi santri, bimbingan konseling dan teknologi informasi
komputer, serta agama dan ke-Islaman. Sedangkan dalam implementasinya dilaksanakan dalam 4 tahap
yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi dengan pola pembinaan yang
demokratis dan pendekatan kombinasi partisipatif dan eksperensial.
Dampak dari impelementasi pembinaan soft skills siswi dalam meningkatkan mutu pendidikan di
Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta adalah mampu mengantarkan siswi memiliki kemampuan
kepekaan sosial yang tinggi, taat beribadah, patuh terhadap tata tertib, dan menumbuhkan jiwa
kepemimpinan.NIM. 1420411055 ELPIN ELIANA2019-02-11T04:12:53Z2019-02-11T04:12:53Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33053This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/330532019-02-11T04:12:53Z“ IMPLEMENTASI PEMBINAAN SOFT SKILLS SISWI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
DI MADRASAH MU‟ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA”Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi pembinaan soft
skills siswi di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, dengan
rumusan masalah: 1) Apa saja pembinaan soft skills siswi di Madrasah
Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, 2) bagaimana implementasi
pembinaan soft skills di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, 3)
apa dampak implementasi pembinaan soft skills siswi dalam meningkatkan mutu
pendidikan di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah
Yogyakarta, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode
pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi secara
mendalam untuk memperoleh data yang akurat untuk diolah dalam bentuk
deskripsi. Wawancara dilakukan kepada Direktur, Wakil Direktur, Kepala Urusan,
perwakilan siswi, pamong Mubaligh Hijrah, dan perwakilan wali siswi.
Pengambilan data mulai dilakukan tanggal Maret 2016 sampai dengan Juli 2018
di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, area Masjid Gedhe, dan
lokasi Mubaligh Hijrah di wilayah Kulon Progo. Analisis data menggunakan
deskriptif kualitatif dengan proses analisis sejak pengambilan data pertama
sampai dengan selesainya penulisan laporan.
Hasil dari penelitian ini adalah: jenis pembinaan soft skills siswi di
Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta terdiri dari: pembinaan soft
skill siswi di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta terdiri dari
kegiatan di bidang: ekstrakurikuler, bahasa dan kepesantrenan, keterampilan
hidup dan kewirausahaan, sosial kemasyarakatan, olimpiade dan duta lomba,
karya tulis ilmiah, keguruan/ilmu pendidikan, organisasi santri, bimbingan
konseling dan teknologi informasi komputer, serta agama dan ke-Islaman.
Sedangkan dalam implementasinya dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu komunikasi,
sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi dengan pola pembinaan yang
demokratis dan pendekatan kombinasi partisipatif dan eksperensial.
Dampak dari impelementasi pembinaan soft skills siswi dalam
meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah
Yogyakarta adalah mampu mengantarkan siswi memiliki kemampuan kepekaan
sosial yang tinggi, taat beribadah, patuh terhadap tata tertib, dan menumbuhkan
jiwa kepemimpinan.NIM. 1420411055 ELPIN ELIANA