Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:46:44ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-08-05T06:10:33Z2016-08-05T06:10:33Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21477This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/214772016-08-05T06:10:33ZANALISIS BUTIR SOAL LATIHAN DALAM BUKU DURȖSU ALLUGHAH
AL-‘ARABIYYAH TERBITAN KEMENAG TINGKAT
MADRASAH TSANAWIYAHEmi Rosyidatul Muhaddiyah, "Analisis Butir Soal Latihan dalam Buku
Durūsu Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Terbitan Kemenag Tingkat Madrasah
Tsanawiyah". Tesis. Yogyakarta Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2016.
Butir soal latihan merupakan instrumen tes yang digunakan guru untuk
melatih kemampuan belajar siswa. Selain itu, sering kali butir soal yang ada dalam
buku juga digunakan untuk alat evaluasi hasil pembelajaran. Oleh karena itu, butir
soal tersebut harus memenuhi kriteria butir soal yang baik, yakni mencakup unsur
materi, konstruksi, dan bahasa.
Penelitian ini adalah upaya untuk melihat kesesuaian antara butir soal latihan
buku bahasa Arab tingkat Madrasah Tsanawiyah dengan kriteria penyusunan butir
soal yang baik. Buku ajar bahasa Arab yang dijadikan sampel dalam penelitian ini
adalah buku bahasa Arab kelas VII dan VIII Madrasah Tsanawiyah Kurikulum 2013
terbitan Kemenag. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk butir
soal latihan dalam buku bahasa Arab dan untuk mengetahui butir soal latihan dilihat
dari validitas teoritis, kaidah penyusunan dan bahasa soal.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Library research
(penelitian kepustakaan), yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan
literatur (kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian
dari penelitian terdahulu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk soal latihan yang ada dalam
buku bahasa Arab tingkat Madrasah Tsanawiyah terdapat bentuk soal pilihan ganda,
uraian, jawaban singkat, menjodohkan dan bentuk soal benar salah. 2) Butir soal
latihan dalam buku ajar bahasa Arab tingkat Madrasah Tsanawiyah dilihat dari
validitas teoritis terdapat kesesuaian dengan kompetensi dasar dan indikator
pencapaian, sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan tingkat kelas, serta
perkembangan peserta didik. Akan tetapi, juga terdapat ketidaksesuaian antara butir
soal dengan materi yang diujikan dan tujuan tes. 3) Butir soal latihan dalam buku ajar
bahasa Arab tingkat Madrasah Tsanawiyah dilihat dari kaidah penyusunan soal, pada
kelas VII terdapat ketidaksesuaian antara butir soal dengan kaidah penyusunan soal,
baik dalam soal bentuk pilihan ganda, uraian, jawaban singkat, menjodohkan maupun
soal benar salah. Sedangkan pada kelas VIII, hanya terdapat ketidaksesuaian antara
butir soal dengan kaidah penyusunan pada soal bentuk jawaban singkat dan
menjodohkan. Adapun butir soal latihan dilihat dari kaidah bahasa soal, untuk kelas
VII terdapat ketidaksesuaiana antara butir soal dengan kaidah bahasa soal.
Ketidaksesuaian tersebut terdapat pada item: penggunaan bahasa yang belum benar,
rumusan soal masih menimbulkan penafsiran ganda, susunan kalimat belum berupa
jumlah mufīdah, dan masih terdapat tanda baca yang belum benar. Sedangkan pada
kelas VIII terdapat ketidaksesuaian pada: penggunaan bahasa yang belum benar,
susunan kalimat belum berupa jumlah mufīdah, dan masih terdapat tanda baca yang
belum benar.NIM. 1420411109 EMI ROSYIDATUL MUHADDIYAH