Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:23:03ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-04-26T07:17:23Z2016-04-26T07:17:23Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20449This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/204492016-04-26T07:17:23ZLAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TUNANETRA DI MTS YAKETUNIS
YOGYAKARTAMotivasi belajar adalah sebuah hal yang penting bagi diri siswa untuk meraih sebuah cita-cita. Jika
sedari dini seseorang tidak memiliki motivasi, maka belum tentu masa depan mereka akan indah. Pada
kenyataan di lapangan, kondisi motivasi belajar berbeda. Sementara di sisi lain siswa membutuhkan
semangat dalam belajarnya agar membutuhkan potensi yang lebih baik lagi. Menurut guru bimbingan dan
konseling kelas VII ada beberapa siswa tunanetra yang kurang memiliki motivasi belajar. Hal ini
dilihat dari ranking yang diraihnya dan kondisi saat belajar di dalam kelas. Untuk mengatasi
permasalahan tersebut penulis menggunakan layanan bimbingan kelompok.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pelaksanaan layanan bimbingan kelompok
guna meningkatkan motivasi belajar siswa tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta.
Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah 1 Guru Bimbimbingan dan Konseling dan 4
siswa kelas VII. Obyek penelitian ini adalah model pelaksanaan layanan bimbingan kelompok guna
meningkatkan motivasi belajar siswa tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta. Metode pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang terkumpul disusun dan
diklarifikasikan sehingga menggambarkan jawaban rumusan masalah. Keabsahan data dalam penelitian
ini menggunakan trianggulasi data.
Hasil penelitian ini adalah model pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yang dilakukan di MTs
Yaketunis melalui beberapa tahap-tahap pelaksanaan yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap
kegiatan, dan tahap pengahiran. Metode yang digunakan dalam layanan bimbingan kelompok ada 2 metode
yaitu sosiodrama dan diskusi kelompok. Dan hasil yang diperoleh dalam peningkatan motivasi belajar
sebesar 60%.NIM. 12220010 ENDAH KUSUMAWATI