Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:13:15ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-07-11T10:20:13Z2016-01-25T04:42:14Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8818This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/88182013-07-11T10:20:13ZPENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)
MATEMATIKA KELAS VIII
BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI
BRUNER PADA KOMPETENSI DASAR 4.3
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan Subject
Specific Pedagogy (SSP) Matematika Kelas VIII berbasis tahap berpikir van Hiele
dan teori Bruner pada kompetensi dasar 4.3 yang layak digunakan dalam proses
pembelajaran matematika.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and
Development) dengan menggunakan model prosedural ADDIE yang terdiri dari
lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation.
Pengumpulan data menggunakan lembar skala, lembar tes, dan lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan SSP
Matematika Kelas VIII berbasis tahap berpikir van Hiele dan teori Bruner dengan
lima tahap pengembangan yaitu tahap analisis (analysis) yang meliputi analisis
kurikulum, karakteristik siswa, dan kebutuhan guru, kemudian dilanjutkan dengan
tahap perancangan (design) yang terdiri dari pengumpulan dan penyusunan
materi, penyusunan kerangka/desain dan penyusunan instrumen penelitian. Tahap
berikutnya adalah pengembangan (development) yaitu pengembangan komponen
SSP, penyuntingan produk awal SSP, revisi I, uji coba I, serta revisi II. Pada tahap
implementasi (implementation) dilakukan uji coba II dengan mengujikan produk
SSP yang telah valid dalam proses pembelajaran di kelas, memberikan pre-test
dan post-test, serta memberikan skala respon guru dan siswa terhadap SSP. Tahap
evaluasi (evaluation) merupakan tahap terakhir yaitu tahap analisis hasil penilaian
kualitas SSP oleh ahli dan guru, pre-test dan post-test serta skala respon guru dan
siswa untuk keperluan pengambilan keputusan. Berdasarkan hasil analisis pada
tahap evaluasi diperoleh bahwa SSP berkualitas sangat baik dengan skor rata-rata
211,33 dari skor maksimal 260 dengan persentase 81,28% dan telah teruji efektif
dalam meningkatkan pemahaman siswa yang ditunjukkan dari nilai rata-rata posttest
(57,88) yang lebih besar dari nilai rata-rata pre-test (19,11) serta kinerja SSP
mencapai kriteria baik dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar
62,5%. Respon yang diberikan guru terhadap pembelajaran menggunakan SSP
Matematika adalah sangat positif dengan skor rata-rata 67,5 dari skor maksimal
160 dan persentase mencapai 84,38% dan siswa juga memberikan respon positif
terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan SSP Matematika berdasarkan
perolehan skor rata-rata 62,88 dari skor maksimal 1280 dengan persentase
78,59%.
Kata Kunci: Subject Specific Pedagogy (SSP), tahap berpikir van Hiele, teori
Bruner, kompetensi dasar 4.3NIM. 09600030 ENDAH PRATIWI