Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:22:20ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-02-18T02:20:25Z2016-02-18T02:20:25Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19432This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/194322016-02-18T02:20:25ZEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA
MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED
LEARNING (PBL) DIPADUKAN DENGAN METODE THINK
PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN
RELASIONAL SISWAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran
matematika menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) yang
dipadukan dengan metode Think Pair Share (TPS) terhadap pemahaman
relasional siswa.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi
eksperiment dengan desain penelitian non equivalent control group design.
Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu pendekatan PBL
yang dipadukan dengan metode TPS, sedangkan variabel terikat dalam penelitian
ini adalah pemahaman relasional siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Manisrenggo tahun ajaran 2014/2015,
sedangkan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII F sebagai kelas
kontrol dan siswa kelas VIII G sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pretest dan posttest. Instrumen
tes yang digunakan disusun berdasarkan indikator pemahaman relasional. Teknik
analisis data penelitian menggunakan uji-t independent sample t test terhadap nilai
gain hasil tes pemahaman relasional, yaitu nilai posttest dikurang nilai pretest
dengan bantuan SPSS 16.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan
dengan metode Think Pair Share (TPS) lebih efektif daripada model pembelajaran
konvensional terhadap pemahaman relasional siswa.NIM. 11600038 ENDAH TRI SEPTIANA