Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:41:33ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-01-06T08:53:17Z2016-01-06T08:53:17Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18862This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/188622016-01-06T08:53:17ZPENDIDIKA.N AGAMA ISLAM BAGI PENTANDANG TUNA GRAHITA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTALatar belakang pemilihan judul ini berangkat dari pasal 31 yang berbunyi “Tiap warga negara berhak mendapat pengajaran Dari hak tersebut menuntut
adanya kewajiban untuk ikut serta dalam pembangunan. Hak ini tidak terbatas pada
kenormalan atau tidak kenormalan seseorang. Hak dan kewajiban ini berlaku juga
dalam kehidupan beragama. Namun karena ketiknormalan itu tentunya mempunyai
cara pengajaran yang berbeda dengan anak-anak normal lainnya. Oleh karena itu
penelitian ini di lakukan di SL TPLB Negeri Pembina yogyakarta khususnya dalam
Pendidikan Agama Islam. Sekolah ini adalah salah satu dari 5 sekolah luar biasa
tingkat propinsi yang menjadi sekolah percontohan bagi sekolah keluarbiasaan
lainnya.
Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah untuk mengetahui Tujuan, Materi, Metode,Media dan evaluasi
serta pendukung dan penghambat kegiatan belajar mengajar
di SLTPLB Negeri Pembina Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini
diharapkan dapat dijadikan referensi bagi guru dalam mengajar.
Penelitian im adalah penehtlan kuahtatit: suatu prosedur penelitian yang
menghasilkan data diskripsi berupa kata-kata tertulis /kesan dari orang-orang dan
perilaku yang diamati, dengan mengambil objek penelitian dari proses KBM di
SL TPLB Negeri Pembina Yogyakarta.data diperoleh dengan Observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan 3 tahapan. Pertama, kegiatan reduksi
data yaitu kegiatan penyederhanaan dan tranformasi data kasar dari lapangan.
Kedua, pengumpulan data di atas menjadi teks naratif. Ketiga, kesimpilan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan (1) Tujaun Pengajaran Agama Islam sama
dengan tujuan Pendidikan Agama Islam pada sekolah biasa yang adalah membentuk
manusia muslim yang bertaqwa dan berguna bagi bangsa dan Negara.(2) Pokokpokok
materi serta unsur-unsur yang terkandung di dalamnya juga sama dengan
sekolah biasa, natnun dalfl.m namun materi itu sendiri berpedoman pada kurikulum
keluarbiasaan. (3) Untuk metode yang di gunakan di gunakan di SLTPLB Negeri
Pembina ini adalah metode ceramah, metode praktek/demonstrasi, metode Tanya
jawab dan metode penug2.san. Sedang media yang digunakan adalah TV, Tape
recorder, radio dan CD Player. Penggunaan kedua alat pendukung pembelajaran
penggunaanya disesuaikan dengan kebutuhan.(4) SLTPLB Negeri Pembina
Y ogyakarta mengikuti kurikulum yang sedang berlaku yaitu kurikulum berbasis
kompetensi. Maka dari itu evaluasi dilakukan dalam 3 ranah yaitu kognitif, afektif
dan psikomotor, namun tentu saja disesuaikan dengan taraf berfikir mereka.
Interprestasi kemampuan ini dilakukan secara individual tanpa membandingakaii
teman sekelas atau kelompok tertentu.(5)Banyak sekali penghambat yang ditemui
dalam proses KBM dari murid perbedaan latar belakang keluarga, kenakalan, suka
mernbolos dan ketunaan ganda yang dimiliki beberapa murid. Dari guru tidak
adanya buku diktat, sikap guru yang kurang tegas dan jam pelajaran yang singkat.
Sementara pendukungnya dari segi pendanaan, luas sekolah , hubungan yang baik
dengan pihak luar danjllinlah murid yang tidak metebihi batas.NIM. 02471275 ENI TRI SUSANTI