Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:31:57ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-10-03T07:12:52Z2014-10-03T07:12:52Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14069This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/140692014-10-03T07:12:52ZPENERAPAN METODE PRAKTEK UNTUK MENINGKATKAN
KETERAMPILAN SHOLAT SISWA KELOMPOK A
PAUD TERPADU JABAL RAHMAH
BANGUNTAPAN BANTUL
Erna Wulandari, “Penerapan Metode Praktek Untuk Meningkatkan
Keterampilan Sholat Siswa kelompok A PAUD Terpadu Jabal Rahmah
Banguntapan Bantul “. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran
sholat di kelompok A PAUD Terpadu Jabal Rahmah, siswa dalam mengikuti
proses belajar mengajar kurang begitu berminat serta mengalami kejenuhan, serta
siswa dalam kegiatan belajar mengajar kecenderungan tidak memperhatikan dan
hanya asyik bermain dengan temannya. Karena dalam menyampaiakan materi
guru terbiasa dengan metode ceramah. Maka dari untuk membuat suasana belajar
menjadi lebih menyenangkan dalam penelitian ini diterapkan metode praktek
untuk dapat meningkatkan keterampilan sholat. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan
penerapan metode praktek yang dapat meningkatkan keterampilan dalam
pembelajaran sholat di PAUD Terpadu Jabal Rahmah Banguntapan Bantul.
Penelitian ini bersifat kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas di
PAUD Terpadu Jabal Rahmah Banguntapan Bantul. Pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dalam melengkapi data yang
diinginkan. Untuk memeriksa keabsahan data yang diinginkan yatu dengan
menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian
mencakup : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi.
Hasil pengamatan penelitian yaitu : bahwa metode praktek dapat
meningkatkan keterampilan sholat siswa kelompok A PAUD Terpadu Jabal
Rahmah, hal itu terbukti dengan adanya peningkatan belajar siswa dengan senang,
gembira, mendengarkan penjelasan guru. Peningkatan tersebut dapat dilihat
dengan kenaikan persentase hasil kegiatan belajar mengajar. Pra tindakan 73,9 %,
siklus I 84,4 % , siklus II 90,4 % , dengan demikian terjadi peningkatan pada
setiap siklusnya.
NIM. 12415346 ERNA WULANDARI