Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:43:50ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-08-13T04:54:43Z2015-08-13T04:54:43Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16860This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/168602015-08-13T04:54:43ZPENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP TUMBUH KEMBANG PSIKOSOSIAL ANAK KLIEN DI PANTI SOSIAL BINA KARYA SIDOMULYO YOGYAKARTAPengaruh Lingkungan terhadap tumbuh kembang psikososial anak klien di
panti Sosial Bina Karya Sidomulyo Yogyakarta yaitu pengaruh atau daya yang
ditimbulkan oleh keadaan lingkungan hidup anak terhadap tumbuh kembang
psikososial anak. Dalam hal ini anak yang merupakan anak dari klien gepeng
yang berada di panti, yang tentu mereka hidup dalam tiga lingkungan yaitu
lingkungan keluarga, lingkungan panti dan lingkungan jalanan. Tujuan dari
penelitian ini adalah menggambarkan pengaruh lingkungan terhadap tumbuh
kembang psikososial anak di PSBK, dan untuk mengetahui respon orang tua
terhadap tumbuh kembang psikososial anak.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif di mana dalam
pengumpulan data peneliti melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Selanjutnya pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi.
Wawancara ditujukan kepada klien yang memiliki anak, pekerja sosial, anak
gepeng dan pembimbing TPA di PSBK. Serta observasi yang dilakukan adalah
observasi kegiatan warga binaan gepeng, baik orang tua maupun anak.
Hasil penelitian ini yaitu 3 pengaruh lingkungn yang paling dominan
berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak yaitu lingkungan keluarga,
kemudian lingkungan panti dan lingkungan jalanan. Lingkungan keluarga yang
memiliki pengaruh lebih besar karena orang tua anak tidak dapat mengasuh anak
dengan baik, orang tua anak tersebut sering melakukan kekerasan fisik terhadap
anak, memarahi anak dengan kata-kata kasar. Lingkungan tersebut sangat
berpengaruh terhadap tumbuh kembang psikososial anak. Seperti Perkembangan
kognitif dan moral dari ketiga anak tersebut memiliki kemampuan yang di bawah
standar. Respon dari ketiga orang tua tersebut juga terdapat dua respon yaitu
respon positif dan respon negatif, di mana respon positif dari orang tua terlihat
dari beberapa orang tua yang masih mau mengajari anaknya belajar, masih mau
menasehati anak, ada pula orang tua yang telah memiliki perencanaan mengenai
pendidikan anaknya. Sedangkan respon negatifnya yaitu orang tua kurang mampu
mengasuh anak dengan baik, karena mereka memberikan kekerasan fisik terhadap
anak, menggunakan kata-kata kasar ketika marah dengan anak, ada orang tua yang
tidak mengajari anaknya belajar, dan melibatkan anak ketika memulung.
Dari ketiga lingkungan yang mengelilingi anak, lingkungan keluarga lah
yang memiliki pengaruh lebih besar pada tumbuh kembang psikososial anak.NIM. 11250073 ERNI WIDAYANTI