Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:20:43ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-05-02T14:36:50Z2017-04-07T06:28:52Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7539This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/75392013-05-02T14:36:50ZHUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA
ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs
NEGERI SLEMAN KOTA TAHUN AJARAN 2012/2013
Ervin Nur Aini, Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa
Arab Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII MTsN Sleman Kota. Skripsi.
Yogyakarta: Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui arah hubungan antara siswa
kompetensi pedagogik guru bahasa Arab dengan prestasi belajar siswa kelas VIII
MTsN Sleman Kota, serta untuk mengetahui kontribusi yang diberikan oleh
variabel bebas kompetensi pedagogik guru bahasa Arab) terhadap variabel terikat
(prestasi belajar siswa kelas VIII).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang dilaksanakan di MTs
Negeri Sleman Kota pada kelas VIII. Pengambilan sampelnya dengan cara
Random Sampling yaitu suatu cara pengambilan sampel yang memberikan
kesempatan atau peluang yang sama untuk diambil kepada setiap elemen populasi.
Metode pengumpul data yang digunakan adalah angket, dokumentasi serta
observasi. Untuk menguji kelayakan instrumen menggunakan Uji validitas dan
Uji reliabilitas, sedangkan untuk analisis data digunakan analisis regresi linier
sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara kompetensi pedagogik guru bahasa Arab dengan prestasi belajar
siswa kelas VIII MTs Negeri Sleman Kota. Hubungan positif terbukti dari
koefisien regresi yang bernilai positif yakni 2,308. Sedangkan untuk signifikansi
terbukti dari nilai t hitung > t tabel yakni, 8,451 > 2,008. Kemudian kontribusi
yang diberikan oleh variabel X (persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik
guru bahasa Arab) terhadap variabel Y (prestasi belajar siswa kelas VIII) adalah
58,3%, ini diperoleh dari nili koefisien determinasi sebesar 0,583.
08420096 ERVIN NUR AINI