Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:52:49ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-07-08T10:39:58Z2017-07-28T06:43:28Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8674This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/86742013-07-08T10:39:58ZSTRATEGI RECONNECTING DAN METODE IQRO’
DALAM PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN
PADA SISWA SMALB-C DI SLB YAPENAS DEPOK SLEMAN
ERVIN YUNIARTI NING TYAS. Strategi Reconnecting dan Metode Iqro’
dalam Pembelajaran Baca Al-Qur’an pada Siswa SMALB-C di SLB YAPENAS
Depok Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013.Latar belakang penelitian
ini adalah bahwa siswa SMALB-C mempunyai hak yang sama dengan siswa
normal dalam memperoleh pembelajaran baca Al-Qur’an. Berdasarkan observasi
pra penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa SMALB-C muslim yang belum
bisa membaca huruf Al-Qur’an. Untuk memotivasi siswa SMALB-C yang
beragama Islam agar bisa mengenal huruf-huruf Al-Qur’an, pihak sekolah telah
menyelenggarakan pembelajaran baca Al-Qur’an yang sudah berjalan kurang
lebih satu setengah tahun. Hal yang membedakan dengan pembelajaran baca AlQur’an
di tempat lain adalah Strategi dan metode yang digunakan. Di SLB
YAPENAS menggunakan strategi reconnecting dan metode Iqro’. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran baca
Al-Qur’an pada siswa SMALB-C di SLB Yapenas Depok sleman dengan
menggunakan stretegi reconnecting dan metode Iqro’ dan apa kendala yang
dihadapi guru dan siswa SMALB-C di SLB Yapenas Depok Sleman saat
pembelajaran baca Al-Qur’an dengan menggunakan strategi reconnecting dan
metode Iqro’. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran
baca Al-Qur’an pada siswa SMALB-C di SLB Yapenas Depok sleman dengan
menggunakan stretegi reconnecting dan metode Iqro’ beserta kendalanya. Hasil
penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh guru/pendidik untuk pembelajaran
baca Al-Qur’an.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SLB
YAPENAS Depok Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna
itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan
mengadakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Penggunaan strategi reconnecting dan
metode Iqro’ dalam pembelajaran baca Al-Qur’an pada siswa SMALB-C di SLB
Yapenas Depok Sleman, menitikberatkan pada kemampuan siswa SMALB-C
dalam menerima pelajaran. Manfaatnya membantu siswa untuk membuka ingatan
yang tersimpan dalam memori sehingga akan mempermudah guru dalam
menghubungkan materi yang satu dengan materi yang lain, bisa mempertajam
pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang pernah dipelajari, tercipta
pembelajaran yang aktif, dan tercipta hubungan yang komunikatif antara guru
dan siswa. (2) pembelajaran tidak dilengkapi dengan alat bantu/peraga sehingga
siswa merasa kesulitan untuk memahami materi pelajaran, kurangnya tindak
lanjut pembelajaran baca Al-Qur’an dari beberapa wali murid, dan pengkondisian
siswa yang kurang tegasNIM. 09410238 ERVIN YUNIARTI NING TYAS