Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:00:35ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-02-06T10:44:01Z2016-12-14T08:25:31Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6069This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60692013-02-06T10:44:01ZEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 SAPURAN WONOSOBOPenelitian ini bertujuan untuk menelaah efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dibandingkan dengan model konvensional terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Sapuran Wonosobo tahun ajaran 2010/2011.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain Control Group Pre-Test-Post-Test. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar kognitif dan motivasi belajar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Muhammadiyah 2 Sapuran yaitu dari siswa kelas VII sampai siswa kelas IX tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 213 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Dari pengambilan sampel ditentukan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan soal pre-test, soal post-test, angket dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji t sampel independen (independent samples t-test) dan uji korelasi. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t satu pihak, yaitu pihak kanan dengan signifikansi 5%. Dari hasil post-test didapatkan rerata skor post-test kelas eksperimen sebesar 6,82 dan rerata skor post-test kelas kontrol sebesar 5,9283. Adapun dari rerata angket akhir kelas eksperimen sebesar 8,57 dan kelas control sebesar 8,02.
Berdasarkan analisis diperoleh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar ((sig.) 0,044 amp;#945; = 0,05) dan prestasi belajar matematika (besar nilai (sig.) 0,041 amp;#945; = 0,05). ESTI NUGRAHANI - NIM. 06600003