Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:56:53ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-08-13T07:52:31Z2015-08-13T07:52:31Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16884This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/168842015-08-13T07:52:31ZSTRATEGI PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BAITUL MAL WAT TAMWIL (BMT) GUNA LESTARI JEPARA JAWA TENGAH (PERIODE 2013-2014)Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) sudah barang tentu memberikan pelayanan kredit
atau pembiayaan kepada nasabah. Akan tetapi dengan perkembangan selanjutnya
muncul permasalahan jika kemudian dana yang sudah di cairkan kepada nasabah
atau debitur tersebut ternyata mengalami permasalahan atau kesulitan untuk
mengembalikan dana yang sudah di pinjam dari BMT.
Dari uraian permasalahan diatas sekiranya perlu diadakan sebuah penelitian
tentang bagaimana strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah pada
pembiayaan mudharabah yang mengalami permasalahan di Baitul Mal Wat
Tamwil (BMT) Guna Lestari Jepara (periodebulan Januari – April tahun 2013-
2014).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penyelesaian pembiayaan
bermasalah pada pembiayaan mudharabah di BMT Guna Lestari Jepara.
Penelitaian ini merupakan penelitian lapangan, dimana pengumpulan data
diperoleh dengan cara observasi dan wawancara langsung kepada direktur, staff
dan nasabah yang mengalami pembiayaan bermasalah di BMT Guna Lestari
Jepara, observasi, dan dokumentasi dari lembaga tersebut.
Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dengan tujuan untuk
mendeskripsikan pengambaran serta menguraikan data yang terkumpul mengenai
strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah pada pembiayaan mudharabah di
Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Guna Lestari Jepara Jawa Tengah.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penanganan terhadap nasabah
yang mengalami pembiayaan bermasalah, Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Guna
Lestari Jepara menggunakan strategi sebagai berikut, yaitu : rescheduling,
reconditioning, restructuring dan sita jaminan tetapi strategi restructuring dan sita
jaminan jarang di lakukan BMT terhadap nasabah yang mengalami pembiayaan
bermasalah. Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) mempunyai Strategi sendiri yaitu
apabila nasabahnya perempuan maka yang menagih angsuran dari pihak BMT
laki-laki dan sebaliknya.
Kata kunci : Strategi Penyelesaian Pembiayaan BermasalahNIM 11240093 EVA RUSDIANA