Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:44:41ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-04-28T04:19:40Z2016-04-28T04:19:40Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16105This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/161052016-04-28T04:19:40ZBIMBINGAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA MELALUI
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUSIK DI SLB NEGERI PEMBINA
YOGYAKARTATerkadang masyarakat umum meremehkan bakat anak tunagrahita, akan
tetapi melalui lembaga pendidikan di SLB Negeri Pembina Yogyakarta, minatminat
anak tunagrahita diubah menjadi bakat yang dapat dikembangkan dan
menjadi ciri khas bagianak tunagrahita.Salah satu kemungkinan penyebab
rendahnya kreativitas anak Indonesia adalah lingkungan yang kurang menunjang
anak Indonesia untuk mengekspresikan kreativitasnya, khususnya lingkungan
keluarga dan sekolah.
Tunagrahita adalah individu yang mengalami kecacatan pada mentalnya
bukan pada anggota tubuhnya. Karena anak tunagrahita mengalami keterbatasan
dalam berfikir sehingga di dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan dalam
mengembangkan potensi yang dimiliki seperti layaknya anak normal banyak
mengalami kesulitan dan hambatan, oleh sebab itu anak tunagrahita membutuhkan
bimbingan kemandirian agar bisa lebih mandiri dalam mengembangkan potensi
yang dimiliki tanpa bergantung pada orang lain serta dapat bekal untuk masa
depannya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang dilakukan
dalam bimbingan kemandirian melalui kegiatan ekstrakurikuler musik pada anak
tunagrahita di SLB Negeri Pembina.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di
SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi yang
dilakukan dengan cara triangulasi teknik, sumber data, dan waktu. Analisis data
yang digunakan menggunakan teori Milles dan Huberman dalam bukunya
Sugiyono dengan mereduksi data yang didapat kemudian menyajikan data
kedalam pola dan membuat kesimpulan dan verifikasi dari hasil tersebut.Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa metode bimbingan kemandirian anak
tunagrahita melalui kegiatan ekstrakurikuler musik adalah dengan menggunakan
metode ceramah, demonstrasi dan eksperimen.NIM. 12220069 EVA VAUZIAH