Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:45:20ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-11-29T04:39:23Z2016-11-29T04:39:23Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21933This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/219332016-11-29T04:39:23ZTEKNIK ICE BREAKING SEBAGAI PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL (Studi Eksperimen)Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan model design
eksperimen Onepretes-posttes. Penelitian ini memiliki duavariabel, yang pertama
variabel bebas yaitu Ice Breaking, yang kedua variabel terikat yaitu
Peningkatanpembelajaranbahasa Arab ( fokuspadapeningkatanprestasibelajarsiswa).
Adapunsampelnya kelas X Otomotifsebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan
data yaitu dengan memberikan pretest dan posttest. Teknik analisis data
menggunakan uji âtâ dengan bantuan SPSS.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan diterapkannya
teknik Ice Breaking pada pembelajaran bahasa Arab akan adanya peningkatan
prestasi belajarsiswa kelas Kelas X SMK Muhammadiyah I Patuk Gunungkidul.
Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama penerapan ice breakingdalam
pembelajaran bahasa Arab disetiap pertemuan pembelajaran dengn jenis ice breaking
pembuka, utama dan penutup yaitu tepuk, nyanyi dan permainan. Hal ini dapat dilihat
dari perubahan rata-rata nilai pretest ke postest pada kelas eksperimen. Rata-rata nilai
pretest46.1000, dan74.7333pada kelas eksperimen. Dari sini bisa dilihatada
perubahan yang signifikan dari nilai pretest ke postest pada kelas eksperimen.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perubahan yang signifikan prestasi
belajar siswa dengan penerapan tekni ice breaking pada pembelajaran bahasa arab.
Kata kunci : Eksperimen, Ice Breaking, Peningkatan Pembelajaran (fokus prestasi
belajar).NIM. 12420054 Encep Apip