Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:20:47ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-06-14T07:55:00Z2017-06-14T07:55:00Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25542This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/255422017-06-14T07:55:00ZUSAHA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKA TKAN PRESTASI RANAH AFEKTIF
SISWA Sl> MlJHAMMAOIYAH WIRORRA.JAN I
YOGYAKARTAENGGA ISNAINIYASARI. Usaha Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Ranah Atektif
Siswa SD Muhammadiyah Wirobrajan I Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan
Kalijaga, 2006.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang usaha guru PAI dalam meningkatkan
Prestasi Ranah Afektif Siswa SD Muhammadiyah
Wirobrajan I Yogyakarta dan menganalisis hasil yang dicapai dari usaha-usaha tersebut serta faktor
pendukung dan penghambat yang ditemui saat pelaksanaan usaha tersebut. Hasil penelitian ini
diharapkan dapat dipergunakan sebagai referensi tambahan bagi b'ltru dalam meningkatkan prestasi
Ranah Mektif para siswanya dan agar pelaksanaan nantinya dapat berhasil.
Dalam hal ini SO Muhammadiyah Wirobrajan T Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan Majelis
Muhammadiyah, mempergunakan istilah bidang studi Pendidikan Al-Tslam untuk mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAT) yang ruang lingkup dan w1sur-unsur pokok mata pelajarannya mencal-up
wtsur Aqidah, lbadah/Mu'amalah, Akhlaq, AI-Qur'an, dan Tarikh.
Dalam pelaksanaan pendidikan agama guru merupak:an alat ampuh untuk memberikan pembelajaran yang
baik terhadap anak didiknya. Guru dalam menyampaikan materi PAI dipengaruhi oleh beberapa faktor di
antaranya adalah kemampuan anak itu sendiri atau kondisi dan karakteristik siswanya. Tingkat
keberhasilan belajar atau studi siswa dapat tercermin dari rapor, pendalaman dan pengamalan
selama mengikuti proses belajar mengajar. Namun, rapor bukan jaminan keberhasilan dalam mendidik
agama pada anak, karena masih ada aspek keberhasilan lain yang harus dicapai siswa, yaitu
keberhasilan afektif dan keberhasilan psikomotorik .
Dalam tulisan ini nulis ingin meneliti tentang prestasi ranah afektif siswa SD Muhammadiyah
Wirobrajan I Yogyakarta yang tidak hanya memandang prestasi dari hasil dirapor, tetapi suatu hasi1
belajar yang berupa perubahan sikap dan nilai.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersumber dari data data kuantitatif. Analisis
datanya menggunakan metode Analisa Kualitatif (DeskriptifAnalitik non Statistik).
Sebagai penelitian lapangan, pengumpulan data skripsi ini diperoleh dengan metode observasi,
intervie·w I wawancara, angket, dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis datanya dapat diketahui bahwa usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan prestasi ranah afektif siswa SD Muhammadiyah Wirobrajan 1 Yogyakarta telah
direncanakan dengan baik dan diterapkan secara maksimal. Metode yang digunakan guru dalam
menyampaikan materi di kelas bervariasi antara menggunakan metode ceramah, demonstrasi, dan
pemberian tugas. Selain itu, dari basil penelitian ini juga diketahui adanya perubahan sikap dan
prilaku siswa yang cukup signifikan sekaligus basil prestasi belajar yang diperoleh pada tes
Sumatif I semester 1 tahun ajaran 2005/2006 pada mata pelajaran PAI menut ukkan rata-rata adalah 8,
attinya tennasuk pada kategori haikNlM. 01410720 Engga lsnainiyasari