Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-19T06:39:59ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2018-07-31T01:54:12Z2018-07-31T01:54:19Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30211This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/302112018-07-31T01:54:12ZUpaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII
SMP N 14 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015Penelitian ini merupakan Penelitin Tindakan Kelas yang bertujuan untuk
mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran
IPA Biologi melalui penerapan model pembelajaran CUPs (Conteptual
Understanding Procedures ) dilengkapi media Realia. Pengumpulan data
menggunakan metode observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi
foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dan
triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terjadi peningkatan minat
belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: a) antusian siswa
memperhatikan guru dari 26% menjadi 52,9% , b) aktif mengemukakan pendapat
dari 11,7% menjadi 38, 23% , c) mengajukan pertanyaan dari 14,7% menjadi 55,
88% , d) aktif melakukan percobaan dari 0% menjadi 82% , e) aktif mencari
bahan dari berbagai sumber dari 11,7% menjadi 41, 17%. (2) terjadi peningkatan
hasil belajar siswa dengan indikator peningkatan selisih rerata nilai posttest 1, 48 .11680003 Enggal Rizki W.