Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:41:51ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-07-20T01:11:51Z2017-07-20T01:11:51Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26298This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/262982017-07-20T01:11:51ZPELAKSANAAN EVALUASI ASPEK PSIKOMOTORIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAl) DI SMK NEGERI I WONOSARIERMA SUR Y ANTI. Pelaksanaan Evaluasi Aspek Psikomotorik pada Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAl) di SMK Negeri I Wonosari. Skripsi.
Y ogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga,
2005.
Evaluasi penting dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana tujuan
pembelajaran telah tercapai, juga sebagai bahan pertimbangan untuk mengarahkan,
membimbing, dan memotivasi siswa sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat
masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan ti!ntang
pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran khususnya evaluasi aspek psikomotorik pada
mata pelajaran PAl di SMK Negeri I Wonosari. Hasil penelitian ini diharapkan akan
dapat memberikan masukan bagi para guru dalam melaksanakan evaluasi khususnya
yang berkaitan dengan aspek psikomotorik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil tempat di SMK
Negeri I Wonosari Gunungkidul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengar,
mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dipilih melalui key
informan yaitu responden yang dianggap mengetahui aspek-aspek penelitian ini. yang
menjadi infonnan kunci dalam penelitian ini adalah guru-guru P AI, sedang untuk
informan pendukungnya adalah kepala sekolah dan siswa SMK Negeri I Wonosari yang
dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisa data dilakukan dengan proses
berpikir induksi. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang
berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Evaluasi aspek psikomotorik di SMK Negeri I
Wonosari bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran PAl aspek ini
telah tercapai dan apakah siswa telah mengamalkan ajaran Islam sesuai ·dengan syari'at
sebagai aplikasi pemahaman terhadap pelajaran P AI yang telah mereka dapatkan di
sekolah. Teknik evaluasi yang dilakukan adalah dengan tes perbuatan, observasi dan
pemberian tugas di rumah. Adapun instrumen yang digunakan disesuaikan di!ngan teknik
yang dipakai dalam evaluasi seperti lembar penilaian, check list, lcmbar prcsensi kcgiatan
siswa, dan buku laporan kegiatan siswa. (2) Faktor pendukung dalam kcgiatan cvaluasi
aspek ini adalah adanya kesadaran dari siswa untuk mengamalkan ajaran Islam scrta
adanya kerjasama yang baik antar oerbagai pihak terkait. Adapun faktor penghambatnya
adalah sulitnya jangkauan letak geografis siswa sehingga guru kesulitan untuk melakukan
pemantauan terhadap kegiatan siswa di luar sekolah secara langsung serta masih adanya
siswa yang belum optimal dalam melaksanakan ajaran agama Islam serta keterbatasan
waktu untuk kegiatan pembelajaran P AI. Hal ini berakibat guru kurang dapat
mengevaluasi secara obyektif terhadap kemampuan siswa.NIM. 00410453 Erma Suryanti