Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:54:09ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-07-23T00:31:29Z2015-07-23T00:31:29Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16265This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/162652015-07-23T00:31:29ZTA'LIM AL QAWA'ID AL NAHWIYYAH BI AL KITABAYN AL NAHW AL WADIH WA NAZAM AL 'IMRITIY (DIRASAH MUQARANAH MIN NAHIYYAH MAHTUWIYYAT AL MAWAD WA TARIQAH TA'LIMIHIMA)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan persamaan
cakupan materi pada buku Al Nahwu Al Wadhih dan Nadzm „Imrithy, dan
bagaimana metode pembelajarannya , serta metode apa yang lebih baik digunakan
dalam pembelajarannya bagi pemula.
Penelitian ini adalah penelitian pustaka yang bersifat deskriptif kualitatif
dengan menjadikan buku Al Nahwu Al Wadhih dan Nadzm „Imrithy sebagai
objek dalam penelitian ini. Adapun Metode yang di gunakan dalam pengumpulan
data adalah metode dokumentasi dengan menela‟ah buku-buku dan kitab-kitab
sebagai sumber referensi dan data. Kemudian analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis komparasi dengan cara membandingkan kedua buku
tersebut dari segi materi dan metode pembelajaranya.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan
bahwa: 1). Setiap materi yang ada di buku Al Nahwu Al wadhih terdapat juga di
Nazm „imrithy, namun cakupan buku Al Nahwu Al wadhih lebih luas kecuali
dalam beberapa materi yaitu bab laa al‟aamilah „amalatu inna dan bab dzonna wa
akhwatuha.2). metode pembelajaran yang digunakan dalam buku Al Nahwu Al
Wadhih adalah metode induktif, adapun metode yang digunakan dalam buku
Nazm „imrithy adalah metode deduktif.3). Metode yang lebih baik dalam
pembelajaran nahwu untuk pemula adalah metode induktif yaitu dengan buku Al
Nawu Al Wadhih.
Kata Kunci : Komparasi, Materi , Metode.NIM. 11420036 FAHRUROJI