Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:48:30ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-04-19T09:53:09Z2016-04-19T09:53:09Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20192This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/201922016-04-19T09:53:09ZPENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DAN IMPLIKASINYA TERHADAP DISIPLIN SHALAT MUALAF
DI MAJELIS MUHTADIN YOGYAKARTAFairuz Tsaqilah. Pendidikan Agama Islam dan Implikasinya terhadap Disiplin Shalat pada Mualaf di
Majelis Muhtadin Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.
Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan pelaksanaan pendidikan agama Islam di Majelis
Muhtadin Yogyakarta yang masih belum terstruktur dan kurang maksimal terhadap mualaf-mualaf
binaannya yaitu masih seperti ke majelis taklim biasa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan kualitatif. Penelitian ini mengambil
latar Majelis Muhtadin Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: pendidikan agama Islam di Majelis Muhtadin kepada
mualaf yaitu proses mengajarkan materi-materi keagamaan baik yang bersifat teori, praktek, serta
keteladanan sebagai upaya untuk memberikan pemahaman serta mengarahkan dan mengajarkan seseorang
agar berperilaku sesuai tuntunan agama dan dapat mengatur hidupnya dengan berpegang pada pedoman
agama. Tujuan dari pendidikan agama Islam yaitu menguatkan keimanan jemaah terhadap Allah serta
pembinaan agar mualaf tidak kembali ke agamanya yang dahulu serta membimbing jemaah Muhtadin agar
istiqomah dalam mengamalkan segala perintah Allah sehingga tercapai kebahagiaan di dunia dan di
akhirat. Materi-materi yang disampaikan yaitu akidah, akhlak, dan syariah yang terdiri dari tema
tentang kristologi, akidah, fikih ibadah, fikih dakwah, sukses tanpa riba, bisnis Islam, mualaf
menuju tahfidh, manajemen kalbu, dan tafsir Al Quran. Cara yang digunakan yaitu ceramah, diskusi,
pengajian, pendidikan melalui bacaan, dan cara yang tidak formal dengan metode pendidikan dengan
hiwar qurani dan nabawi, kisah qurani dan nabawi, perumpamaan, teladan, latihan dan pengamalan,
„Ibrah dan Mau‟izah, serta Targhib dan Tarhib. Dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam, Majelis
Muhtadin belum melaksanakan evaluasi sebagaimana seharusnya pelaksanaan pendidikan. Pendidikan
agama Islam yang didapat oleh mualaf di majelis Muhtadin berimplikasi terhadap disiplin shalat
mualaf. Mualaf dengan kategori rajin mengikuti pendidikan agama Islam dengan yang jarang mengikuti
pendidikan agama Islam memiliki kedisiplinan shalat yang sama, yaitu termasuk kedalam disiplin
shalat sesuai indikator. Faktor pendukung pendidikan agama Islam kepada mualaf yaitu tersedianya
sarana prasarana yang menunjang, kesiapan pengajar untuk melakukan pendidikan, kesiapan pengurus
menangani permasalahan mendadak yang dialami mualaf. Faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan
banyak datang dari mualaf seperti ketidakhadiran mualaf, kedisiplinan mualaf dalam menghadiri
majelis masih kurang, manajemen waktu yang belum stabil.NIM. 12410111 FAIRUZ TSAQILAH