Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:32:15ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-07-27T01:29:56Z2015-07-27T01:29:56Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16366This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/163662015-07-27T01:29:56ZPENERAPAN PEMBELAJARAN OUTDOOR
DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS VII DI SMP BUDI MULIA DUA YOGYAKARTAFAJRI RAHMAWATI. Penerapan Pembelajaran Outdoor dalam
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Budi Mulia
Dua Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,
2015.
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran di
sekolah, khususnya untuk mata pelajaran PAI belum bisa menempatkan
siswa sebagai subjek belajar. Siswa seolah dijejali teori tanpa diberi
kesempatan untuk mengembangkan kreativitas yang dimilikinya. Belum
lagi suasana di dalam kelas yang cenderung kaku, monoton, bahkan
membosankan membuat siswa tidak fokus dengan pembelajaran yang
berlangsung. SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta mempunyai kurikulum
kreatif yang dikembangkan untuk menyeimbangkan pengetahuan yang
bersifat teori dan praktik, diantaranya menerapkan pembelajaran dengan
pendekatan outdoor. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah
bagaimana penerapan serta faktor pendukung dan penghambat
pelaksanaan pembelajaran outdoor dalam mata pelajaran PAI kelas VII di
SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan dan menganalisis tentang penerapan pembelajaran
outdoor dalam mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Budi Mulia Dua
Yogyakarta serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil
latar SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan
dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pendekatan
yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Analisis data dilakukan
dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan
dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data
dilakukan dengan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran
outdoor dalam mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Budi Mulia Dua
Yogyakarta yaitu guru PAI memanfaatkan kegiatan sekolah yang berbasis
outdoor sebagai metode pembelajaran yaitu field trip dan metode
penugasan. Penerapan pembelajaran outdoor memberikan banyak
pengalaman pada siswa. Belajar pun menjadi menyenangkan dan
bervariasi sehingga siswa tidak bosan.
Selain itu dalam pembelajaran ini terdapat faktor pendukung
seperti guru yang kreatif, antusias siswa, serta dukungan sekolah.
Sedangkan faktor penghambatnya yaitu persiapan yang cukup lama,
kurangnya waktu dalam pelaksanaan, dan kurangnya pengawasan guru.NIM. 11410230 FAJRI RAHMAWATI