Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:02:46ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-12-11T02:08:12Z2015-04-28T08:52:20Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15122This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/151222014-12-11T02:08:12ZKOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB
SISWADI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM
KECAMATANSUBAH, KABUPATEN BATANG, JAWA TENGAH
Guru atau pendidik adalah unsur manusiawi dalam pendidikan. Guru
adalah figur manusia sumber yang menempati posisi dan memegang peranan
penting dalam pendidikan. Undang-undang nomor 14 Tahun 2005 tentang guru
dan dosen menyebutkan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas
utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan
mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan
formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Kemampuan pedagogik
harus dipunyai guru. Karena itu merupakan ilmu yang mengkaji bagaimana
membimbing anak, bagaimana pendidik berhadapan dengan anak didik, apa tugas
pendidik dalam mendidik anak, apa yang menjadi tujuan mendidik anak.
Pedagogik merupakan suatu teori yang secara teliti, kritis dan objektif
mengembangkan konsep-konsep mengenai hakekat manusia, hakekat anak,
hakekat tujuan pendidikan serta hakekat proses pendidikan.
Setelah melakukan penelitian dengan metode field research, penelitian ini
diharapkan mampu mengidentifikasi bagaimana kompetensi pedagogik Guru
Bahasa Arab, apakah kompetensi tersebut mempengaruhi peningkatnya motivasi
belajar siswa di Madrasah Ibtida’iyah Darussalam, Desa Kemiri Timur,
Kecamatan Subah, kabupaten Batang, Jawa Tengah.Kemudian data dipaparkan
dan dianalisis dalam bentuk kualitatif agar dapat memberikan deskripsi yang
terinci terkait hasil penelitian tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik mempunyai
peran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, yaitu Dari empat aspek
kompetensi pedagogik yaitu, pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan
pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, walaupun belum semua
guru di Madrasah Ibtida’iyah Darussalam Kemiri Timur memiliki kompetensi
pedagogik yang baik. Hal tersebut terlihat dari proses belajar mengajar bahasa
arab yang masih kurang aktif. Guru belum mampu menciptakan interaksi yang
baik dengan para murid, khususnya dalam berdialog dengan menggunakan bahasa
arab. Selain itu, media pembelajaran yang digunakanpun masih tergolong
monoton, sehingga murid mudah merasa jenuh dan kurang tertarik dengan
pembelajaran Arab.
NIM. 1220410081 FARIDATUL AINIYAH