Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:29:55ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-12-10T06:35:29Z2024-03-08T02:19:18Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15082This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/150822014-12-10T06:35:29ZPEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN
PERAN MEDIA SPESIALIS DI PERPUSTAKAAN
(STUDI DI PERPUSTAKAAN SMK PENERBANGAN AAG ADISUTJIPTO YOGYAKARTA)
Farid Rahmat Saleh: “PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN &
PERAN MEDIA SPESIALIS DI PERPUSTAKAAN (Studi di Perpustakaan
SMK Penerbangan AAG Adisutjipto”. TESIS
Seiring dengan perkembangan, inovasi teknologi informasi maka sumber dan
jenis koleksi informasi semakin berkembang pesat. Pembelajaran semakin beragam
variasi yang dipakai untuk menyampaikan materi. Perpustakaan yang memiliki tugas
untuk menjadi pusat dihimpunnya koleksi dan penyebarluasannya berhadapan
dengan perkembangan teknologi informasi tersebut. Internet telah mengubah wajah
dunia informasi dari jenis, sumber informasinya serta perilaku penggunannya.
Kesempatan atau waktu yang kurang di sekolah untuk memanfaatkan perpustakaan
juga di nilai menjadi salah satu faktor minimnya kunjungan atau keterpakaian koleksi
perpustakaan. Dibutuhkan kemampuan untuk mengelola media-media yang bisa
menjawab tantangan tersebut. Kemampuan tersebut adalah kemapuan seorang media
spesialis untuk mengelola media social, Twitter, Facebook serta aplikasi-aplikasi
lainnya, Picassa dan e-paper.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang; a) Pemanfaatan
Media belajar berbasis digital dalam kegiatan belajar mengajar; b) Peran Media
Spesialis dalam menggunakan media-media informasi, pengorganisasiannya serta
penyebarluasannya.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan
metode deskriptif. Data diperoleh dari Tenaga Pendidik, kependidikan, manajemen
sekolah, siswa-siswi, dokumen-dokumen kurikulum, dokumen wakil manajemen
mutu, dokumen sarana prasarana dan ketenagaan.
Data tersebut di analisis melalui empat alur kerja secara simultan yakni
koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; a) Pemanfaatan media pembelajaran baik
berbasis audio, audio visual, animasi maupun realitas berfungsi untuk
mengkakomodasi keterbatasan penyampaian jika dilakukan secara konvensional,
yaitu metode penyampaian mimbar atau satu arah. Pemanfaatan media audio untuk
contoh mata pelajaran bahasa Indonesia dan Inggris, mampu memberikan contoh
secara akurat pelafalan bahasa ucap atau cara/gesture yang benar dalam
menyampaikan sesuatu. Sedangkan contoh di mata pelajaran produktif dengan
bantuan media audio visual dan animasi, gambaran materi tentang cara kerja suatu
system, misalnya lebih jelas tergambar dalam benak atau pikiran siswa. b) Media
spesialis menjadi penting peranannya di perpustakaan karena membanjirnya
informasi di internet, berkembangnya media informasi dan perubahan perilaku
pengguna informasi. Media spesialis harus kreatif menggunakan media yang mampu
mendekatkan diri kepada civitas sekolah kapanpun dan dimanapun. Jika dalam
kegiatan belajar sekolah tidak memungkinkan karena jam belajar di kelas penuh,
maka ketika dirumah atau di luar jam pembelajaran, siswa bisa mendapatkan
informasi. Dalam informasi yang dikelola dan disebarluaskan ada informasi yang ada
di internet, kemudian informasi dalam koleksi perpustakaan yang dimiliki, serta
koleksi informasi dari kegiatan-kegiatan sekolah.
NIM. 1220011020 FARID RAHMAT SALEH