Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:44:04ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2019-01-24T08:56:31Z2019-01-24T08:56:31Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32735This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/327352019-01-24T08:56:31ZSTRATEGI KYAI DALAM MENGELOLA PENDIDIKAN ISLAM DI PESANTREN AL-FADHILAH MAGUWOHARJO DEPOK SLEMANLatar belakang dari penelitian ini adalah ketertarikan peneliti untuk
mengetahui lebih dalam mengenai strategi kyai dalam mengelola pendidikan Islam dan implementasi
strategi tersebut. Di Pondok Pesantren Al-Fadhilah yang sekaligus sebagai sekaligus panti asuhan
Darun Najah untuk santri yatim piatu dan dhuafa. Peran ganda pesantren sebagai lembaga keagamaan
dan sosial tersebut, perlu memiliki pengelolaan pendidikan Islam yang strategis agar berkembang,
maju dan berkualitas. Karena di lembaga pendidikan Islam seperti pesantren, tidak cukup hanya
dengan mengkaji kitab kuning, nahwu dan shorof saja, namun pengembangan sosial santri perlu di
kembangkan. Oleh karena itu, penelitian ini fokus pada kyai dalam mengelola pendidikan Islam di
Pondok Pesantren Al-Fadhilah serta implementasinya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif dengan pendekatan fenomenologis.
Sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi, in-depth interview dan dokumentasi. Analisis
data melalui reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data. Teknik penetuan validitas dan
keabsahan data dengan cara triagulasi teknik. Fokus penelitian yaitu strategi kyai dalam mengelola
pendidikan Islam implementasi strategi kyai dalam mengelola pendidikan Islam di Pondok Pesantren
Al-Fadhilah Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta.
Hasil penelitian menyatakan bahwa kyai menerapkan analisis SWOT sebagai strategi dalam mengelola
pendidikan Islam di Pondok Pesantren Al- Fadhilah, dengan melakukan analisis faktor-faktor
kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman Pondok Pesantren Al-Fadhilah Sleman. Implementasi strategi
kyai dalam mengelola pendidikan Islam terbagi menjadi 2 yaitu kegiatan terprogram dan tidak
terprogram. Implementasi kegiatan terprogram antara lain kegiatan bakti sosial, program tahfidz,
amalan-amalan dan kegiatan tidak terprogram antara lain kegiatan seminar dan kegiatan keterampilan
dan minat santri. Sementara itu implementasi tersebut tidak semuanya berjalan dengan efektif dan
efisien. Ada beberapa faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi keberhasilan kegiatan di
Pondok Pesantren Al-Fadhilah Sleman.NIM. 14490081 FARIHA NURUL QOMARIYAH