Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:32:19ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2018-11-23T06:18:47Z2018-11-23T06:18:55Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30673This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/306732018-11-23T06:18:47ZMETODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
( Studi Atas Pembentukan Akhlakul Karimah dalam Tarekat
Naqsyabandiyyah di Pondok Pesantren Kasepuhan Qashrul ‘Arifin Atas Angin
Ciamis)Latar belakang penelitian ini adalah Semakin majunya peradaban manusia,
tingginya ilmu pengetahuan dan teknologi serta modernisasi yang merambah di
semua kalangan umat manusia. Perilaku yang menyimpang dari norma agama
maupun norma-norma yang berlaku di masyarakat pada umumnya jelas merupakan
bahaya yang sangat mengganggu bagi ketenangan hidup masyarakat. Oleh karena
itu, misi utama risalah kenabian Rasulullah ialah menyampaikan seruan moral
ditengah kerontangnya akhlak, agar setiap umat manusia menghiasi diri dengan
keagungan akhlak, yakni melalui jalan (tarekat) spiritual dengan berdzikir kepada
Allah SWT, mengisi jiwa dengan hal-hal yang dapat mendekatkan diri kepada Allah
SWT. Sehingga terbentuklah manusia yang berakhlaqul karimah. Tujuan penelitian
ini adalah menjabarkan metode dan materi yang dipakai dalam pendidikan Tarekat
Naqsyabandiyyah kemudian menerangkan relevansinya dengan Pendidikan Agama
Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Adapun
pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi.
Observasi adalah pengamatan dan pencatatan yang bersifat sistematik tentang
fenomena-fenomena yang diselidiki. Wawancara merupakan teknik mengumpulkan
informasi yang dilakukan dengan cara melakukan tanya jawab baik secara langsung
maupun tidak langsung. Dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang
dilakukan dengan cara pengambilan data yang diperoleh melalui dokumen-dokumen.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu
dengan memberikan ulasan atau interpretasi terhadap data yang diperoleh sehingga
menjadi jelas dan bermakna.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tarekat Naqsyabandiyyah di PP.
Kasepuhan Qashrul ‘Arifin Atas Angin Ciamis ini dalam membentuk akhlakul
karimah memiliki metode dan materi pendidikan yang khas dan unik. Adapun
metode pendidikannya: mujahadah, riyadhah, dzikrullah, rabithah, khidmah,
shuhbah, pasulukan, safari naqsyabandi, dan haul Al-Maghfurlah H.S.M Nahrawi Qs
dan Birr al- Walidayn. (2) Materi pendidikannya adalah adab kepada diri sendiri,
orang lain, dan Guru. (3) Metode pendidikan tarekat naqsyabandiyyah ini
mempunyai kesamaan dengan metode pendidikan agama islam yaitu metode
pembiasaan, muraqabah, keteladanan, ceramah, diskusi, pemberian tugas,
mudzakarah, karya wisata, tobat dan ampunan dan kisah. Sedangkan materi
pendidikan tarekat naqsyabandiyyah yang bersifat aplikatif ini sebagai pelaksanaan
dari materi pendidikan agama Islam, yaitu akhlak kepada diri sendiri, orang lain, dan
Guru.NIM. 13410003 FAROH KHOLIDAH