Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:53:02ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-05-02T10:06:18Z2017-03-30T02:50:22Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12341This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/123412014-05-02T10:06:18ZPROSES BELAJAR SISWA TERHADAP PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTsN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
(TINJAUAN PSIKOLOGI BELAJAR)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui definisi dan teori-teori tentang belajar,
serta bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab di MTsN Laboratorium
Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini adalah bahwa proses belajar mengajar
bahasa Arab di MTsN Laboratorium Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta yang dilaksanakan dengan electic method, yaitu gabungan metode
langsung dan metode tarjamah, agak tersendat dikarenakan banyak siswa yang
baru mengenal dan mendapatkan pelajaran bahasa Arab semenjak menjadi siswa
MTs, yaitu sebanyak 66,67% dari 48 siswa kelas II. Kemauan dan semangat siswa
untuk belajar bahasa Arab cukup tinggi yaitu 41,67% menyatakan senang dengan
pelajaran bahasa Arab. Dalam proses pembelajaran bahasa Arab, para guru
berusaha untuk meningkatkan pemahaman siswa akan pentingnya bahasa Arab
serta meningkatkan perhatian atau konsentrasi siswa selama proses pembelajaran,
memotivasi siswa, serta memberi berbagai tugas latihan seperti menulis,
mengarang dan bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa Arab.NIM. 98423967 FASICHATUL UMMAH