Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:00:35ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-03-07T02:12:56Z2017-04-07T06:37:53Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9975This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/99752014-03-07T02:12:56ZKORELASI INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR
BAHASA ARAB SISWA DI MTs AL MA’HAD AN NUR NGRUKEM
BANTUL YOGYAKARTAFathimah Khoirotinisa, Korelasi Interaksi Edukatif Dengan Prestasi
Belajar Bahasa Arab Siswa di MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul
Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas
Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaksi edukatif
guru bahasa Arab dalam proses pembelajaran, bagaimana prestasi belajar bahasa
Arab siswa dan adakah korelasi antara interaksi edukatif dengan prestasi belajar
bahasa Arab siswa di MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian lapangan yang bersifat korelasional. Pengumpulan data dilakukan
dengan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Analisis yang
digunakan adalah analisis product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Interaksi edukatif guru
dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul
Yogyakarta, berada pada kategori Sedang yaitu pada kelas interval 36 – 42 dengan
prosentase 46,87%. Pengkategorian ini dibedakan lagi menjadi dua, positif
(Sangat Tinggi, Tinggi, Sedang) dan negatif (Rendah, Sangat Rendah). Dengan
demikian interaksi edukatif dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Al Ma’had
An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta termasuk dalam kategori positif. (2) Prestasi
belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul
Yogyakarta, cukup baik dengan rata-rata 78,25. (3) Ada korelasi positif dan
signifikan antara Interaksi Edukatif (X) dalam pembelajaran terhadap Prestasi
Belajar (Y) bahasa Arab siswa MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul
Yogyakarta. Hal ini berdasarkan hasil analisis menggunakan korelasi Product
Moment melalui program SPSS 15.00 for windows, yaitu diperoleh r hitung
sebesar 0,349 dan hasil tersebut dikonsultasikan dengan r tabel baik pada taraf
signifikan 5% maupun 1% dengan df= 62, maka diperoleh koefisien korealsi r
tabel 0,250 dan 0,325. Dengan ketentuan jika r hitung > r tabel atau 0,366 > 0,250
(5%) dan 0,366 > 0,325(1%), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada
korelasi yang positif dan signifikan antara interaksi edukatif dengan prestasi
belajar bahasa Arab siswa.NIM. 06420068 FATHIMAH KHOIROTINISA