Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:20:01ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-10-07T02:38:59Z2017-02-01T07:50:54Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14098This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/140982014-10-07T02:38:59ZUPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK
DALAM MEMAHAMI HURUF MELALUI BERMAIN KARTU HURUF
DI KELOMPOK A RA MUSLIMAT NU REJOSARI I BANDONGAN
KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
FATHONAH, Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam
Memahami Huruf Melalui Bermain Kartu Huruf Di Kelompok A Ra Muslimat Nu
Rejosari I Bandongan Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi.
Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN sunan Kalijaga, 2012.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendiskripsikan tentang model
bermain kartu huruf dalam upaya meningkatkan keterampilan memahami huruf
dengan kartu huruf di kelompok A Raudlotul Athfal Muslimat NU Rejosari I
Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. 2) peningkatan Pemahaman
siswa di Kelompok A Raudhotul Athfal Muslimat NU Rejosari I Kabupaten
Magelang Tahun Pelajaran 20013/20014 terhadap huruf setelah menggunakan
metode kartu huruf.
Penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian tindakan kelas
(Classrom Action Research). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap
perencanaan, tinadakan, obsevasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam
penelitian ini meliputi : pemahaman siswa yang diambil dari hasil evaluasi yang
diberikan setiap akhir siklus, prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian
pada akhir tes dengan pemberian soal pada akhir siklus, aktivitas guru dan siswa
selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hsil wawancara
dengan siswa dan guru, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi
selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam
penelitian ini adalah : Adanya peningkatan prestasi pada aspek pemahaman siswa
yaitu meningkatnya pemahaman huruf siswa dari 43,78% menjadi 67,38% dan
pada siklus kedua menjadi 83,38% dari jumlah siswa kelas A1 RA M NU Rejosari
1, serta terdapat effect size sebesar 39,60%.
Hasil pengamatan pembelajaran dengan model bermain kartu huruf
dilaksanakan dengan enam tahapan yaitu: pembagian kelompok, mengajukan
permasalahan, guru menyebutkan huruf, pemberian kesimpulan, dan penilaian.
Hasil penelitian pada siklus satu dan siklus dua menunjukakan peningkatan.
Peningkatan pemahaman tersebut terjadi pada siklus pertama dan siklus kedua.
NIM. 12485138 FATHONAH