Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:41:46ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-06-17T06:50:20Z2016-03-04T08:50:28Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12859This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/128592014-06-17T06:50:20ZPENERAPAN METODE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DENGAN
MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN
HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI DI MADRASAH TSANAWIYAH
(MTs) WAHID HASYIM YOGYAKARTA
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui keterlaksanaan penggunaan
metode TGT dengan media tiga dimensi, 2) Mengetahui peningkatan minat dan
hasil belajar siswa setelah diterapkan metode TGT dengan media tiga dimensi
pada materi pokok Sistem Peredaran Darah Manusia di kelas VIII B MTs Wahid
Hasyim tahun pelajaran 2012/2013.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Wahid Hasyim tahun pelajaran
2012/2013 yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini terlaksana sebanyak 3 siklus.
Data peningkatan minat belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi dan
angket, sedangkan dari segi hasil belajar siswa diperoleh dari nilai pre-tes dan
post-tes. Data minat belajar siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan
memaparkan persentase rata-rata minat belajar siswa yang meningkat dari siklus I
ke siklus II dan siklus III. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pre-tes dan
post-tes dengan teknik effect size, yaitu membandingkan rerata nilai post-tes
siklus I, siklus II dan siklus III.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penggunaan metode TGT dengan
media tiga dimensi dapat terlaksana dengan baik serta dapat meningkatkan minat
dan hasil belajar siswa di kelas VIII B MTs Wahid Hasyim Yogyakarta. Minat
belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 6 % pada siklus II menjadi13, 62 %
pada siklus III. Rata-rata nilai post-tes siklus I adalah 7, 85, rata-rata nilai post-tes
siklus II adalah 8, 37 dan rata-rata nilai post-tes III adalah 8,8. Jadi, hasil belajar
siswa mengalami peningkatan dari tiap siklusnya dengan effect size post-tes siklus
I dengan II sebesar 0,52 dan effect size siklus II dan III sebesar 0,43.
NIM. 08680063 FATIMATUL AMANI