Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:48:14ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-10-20T07:03:31Z2015-10-20T07:03:31Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17904This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/179042015-10-20T07:03:31ZPENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) KIMIA
KELAS X PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN
NONELEKTROLIT BERBASIS MODEL
PEMBELAJARAN INKUIRIPenelitian pengembangan subject specific pedagogy (SSP) Kimia berbasis
model inkuiri bertujuan untuk mengkaji kualitas SSP Kimia berbasis Model
Inkuiri materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit untuk SMA/MA Kelas X.
Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D. Prosedur dalam
penelitian ini meliputi empat tahap, yaitu define (pendefinisian), tahap design
(perancangan), tahap development (pengembangan), dan tahap disseminate
(penyebarluasan). Namun tahap Desseminate dalam penelitian ini tidak
dilaksanakan. SSP Kimia ini ditinjau oleh empat dosen ahli (ahli perangkat, ahli
media, dan ahli materi), tiga guru kimia baik negeri maupun swasta, kemudian
diujicobakan terbatas ke peserta didik Kelas XI MAN 2 Surakarta tahun
2015/2016. Instrumen penilaian untuk mengkaji kualitas SSP ini berupa (1)
lembar penilaian SSP Kimia ditinjau oleh empat dosen ahli (ahli perangkat, ahli
media, dan ahli materi), tiga guru kimia baik negeri maupun swasta (2) soal posttest,
dan (3) skala respon peserta didik. Hasil penilaian berupa data kualitatif
kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian
ideal untuk menentukan kualitas SSP kimia.
SSP Kimia yang dikembangkan dikemas dalam perangkat pembelajaran
berbasis model pembelajaran Inkuiri yang berisi petikan silabus, RPP, Instrumen
pembelajaran, dan LKPD. SSP Kimia dikembangkan pada materi kelas X
semester 2 yaitu larutan elektrolit dan nonelektrolit. Produk penelitian ini
menunjukkan bahwa SSP Kimia Berbasis model pembelajaran inkuiri untuk
SMA/MA menurut empat dosen ahli memperoleh skor 211,8 dari skor maksimal
255 dan persentase keidealan sebesar 84% atau dengan kategori Baik (B).
Penilaian guru kimia SMA/MA memperoleh skor 236,96 dari skor maksimal 255
dan persentase keidealan sebesar 92% atau dengan kategori Sangat Baik (SB).
Pada ujicoba terbatas didapatkan hasil post-test (hasil belajar) mencapai kategori
Baik (B) yaitu sebanyak 72% telah mencapai KKM. Selain itu dari hasil angket
respon peserta didik terhadap pembelajaran diketahui skor rata-rata yang
diperoleh adalah 65 dari skor maksimal 80 dengan persentase skor 81% atau
dengan kategori Sangat Positif (SP). Berdasarkan hal tersebut, maka SSP Kimia
berbasis model pembelajaran inkuiri dapat digunakan dalam proses pembelajaran.NIM. 11670030 FATKHUL AINI QURAN SYAH