Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:32:05ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-04-25T06:19:58Z2016-04-25T06:19:58Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20419This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/204192016-04-25T06:19:58ZPERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING
DALAM MEMBINA PERILAKU ASERTIF SISWA TERISOLIR
DI MTS AS-SA’DIYAH DESA MANDALA KECAMATAN RUBARU
KABUPATEN SUMENEPPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara umum peran guru
bimbingan dan konseling dalam membina perilaku asertif siswa terisolir di MTs
As-Sa’diyah desa Mandala Kecamatan Rubaru Sumenep Madura,serta faktorfaktor
yang mempengaruhinya, sabjek utamanya adalah 1 orang guru Bimbingan
dan Konseling (BK) dan siswa terisolir, sanjek pendukungnya adalah kepala
sekolah.
Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif, dan Penelitian ini bersifat
Deskriptif dengan cara mengenterpretasikan data-data yang diperoleh dengan
triagulasi yang memberi gambaran secara cermat mungkin mengenai suatu
Individu,keadaan segala siswa. Riset ini merupakan studi lapangan yang fokus
mempelajari Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam membina Perilaku
Asertif Siswa Terisolir di MTs As-Sa’diyah desa mandala Kecamatan Rubaru
Sumenep Madura, mengumpulkan data dilakukan dengan Observasi,
Dokumentasi, Wawancara.
Untuk mengetahui di balik permasalahan terkait dengan Peran Guru
Bimbingan dan Konseling dalam Membina Perilaku Asertif Siswa Terisolir di
MTs As-Sa’diyah Desa Mandala Kecamatan Rubaru Sumenep Madura, Maka
diperlukan sebuah Teori untuk menjawab tujuan pola sikap siswa yang cenderung
Asertif dan tidak percaya diri. Oleh sebab itu, Penulis menggunakan kerangka
teori yang meliputi 1) Tinjauan tentang peran Guru Bimbingan dan Konseling, 2)
Tinjawan membina perilaku asertif, 3) Tinjauwan tentang siswa terisolir, dan 4)
Pandangan Islam terhadap peran Guru BK dalam membina perilaku asertif siswa
terisolir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Guru BK dalam membina
perilaku asertif siswa terisolir di MTs As-Sa’diyah yaitu, membimbing dengan
cara memberi layanan baik bimbingan individual maupun bimbingan kelompok
dalam bentuk klasikal; memfasilitasi semua siswa demi mendukung
perkembangan potensi diri dalam belajar sehingga bisa meraih prestasi dan dapat
menunjang karir siswa; mendampingi dan memotivasi siswa dalam meningkatkan
perkembangan diri siswa.NIM. 09220065 FAWAID MARSUKI