Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:04:54ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-12-15T01:18:00Z2016-12-15T01:18:00Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22668This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/226682016-12-15T01:18:00ZPENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK MELALUI KETELADANAN GURU DAN POLA ASUH ORANGTUA DI TK SULTAN AGUNG YOGYAKARTAPenelitian ini dilatar belakangi dengan adanya masalah dari kegelisahan
penulis mengenai motivasi belajar anak yang kian hari semakin menurun. Penulis
mencari cara bagaimana caranya untuk meningkatan motivasi belajar anak melalui
keteladanan guru dan pola asuh orang tua. Penelitian ini dilakukan pada jenjang
anak usia dini, dalam pendidikan anak usia dini adalah proses pendidikan sebagai
pondasi untuk keberlangsungan kedepannya dalam pertumbuhan dan
perkembangan anak, dan sebagai agen perubahan untuk memimpin bangsa
kedepannya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, ex post facto yaitu
penelitian yang dilakukan untuk meneliti pristiwa yang terjadi kemudian merunut
kebelakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian
tersebut. Teknik dalam penentuan subyek penelitian yang penulis gunakan adalah
menetukan subyek secara terpilih dari hasil observasi, karena mereka yang
memahami, mengalami dan melakukan, adapun teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Implikasi dari penelitian ini diharapkan
sebagai pengelola pendidikan, kepala sekolah, guru dan orang tua memperhatikan
perkembangan dan pertumbuhan anak khususnya motivasi anak dalam belajarnya,
karena dari anak termotivasi maka anak rajin dan giat dalam belajarnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keteladanan yang dilakukan guru
dalam peningkatan motivasi belajar anak adalah dengan selalu mencontohkan dari
materi yang akan disajikan, memberikan keteladanan perkataan dan perbuatan
yang baik, dan menceritakan cerita dari tokoh, Nabi dan Rasul. Selalu
mengucapkan salam, berdo’a ketika memulai pembelajaran. Kemudian
memberikan pola asuh demokratis terhadap anak. Selanjutnya memberikan hadiah
kepada anak. Keseluruhannya mendapatkan keberhasilan sesuai yang diharapkan
oleh guru dan orangtua, baik berupa karya anak maupun semangat anak dalam
belajar, dan prestasi-prestasi yang diraih anak.
Kata Kunci: Keteladanan, Pola Asuh, Motivasi BelajarNIM: 1420431011 FERDIAN UTAMA