Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:20:14ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-11-03T01:30:50Z2014-11-03T01:30:50Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14382This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/143822014-11-03T01:30:50ZKONSEP KETELADANAN GURU IDEAL BERDASARKAN BUKU BEGINI
SEHARUSNYA MENJADI GURU (PANDUAN LENGKAP METODOLOGI
PENGAJARAN CARA RASULULLAH SHALLALLÂHU ‘ALAIHI WA
SALLAM) KARYA FU’AD BIN ABDUL AZIZ ASY-SYALHUB
FIKRI ARIEF HUSAEN. Konsep Keteladanan Guru Ideal Berdasarkan Buku
Begini Seharusnya Menjadi Guru (Panduan Lengkap Metodologi Pengajaran Cara
Rasulullah shallallāhu ‘alaihi wa sallam) karya Fu’ad bin Abdul Aziz asy-Syalhub.
Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa
Guru adalah ujung tombak gerakan perubahan dan dipundaknya terpikul tanggung
jawab yang agung dalam membentuk generasi dan mengarahkan para anak didiknya.
Seorang guru adalah peletak batu pertama dalam menjadikan sumber daya manusia
ahli dan mencetak generasi baik berkualitas. Maka itu diperlukannya keteladanan
yang baik dan ideal bagi guru agar terwujudnya harapan generasi yang cemerlang
dan gemilang. Akan tetapi bila melihat realita yang ada saat ini masih ada sebagian
dari guru yang masih jauh dari keteladanan sebagaimana mestinya. Guru mengajar
sekedarnya saja, bersifat apatis, merasa beban dan terpaksa dalam mengajar,
sehingga nilai-nilai keteladanan dan kemuliaan guru hampa. Tentunya hal tersebut
membawa dampak negatif terhadap anak didik yang masih membutuhkan bimbingan
dan keteladanan dari sosok seorang guru. Tingkah laku anak didik adalah cerminan
dari apa yang diajarkan oleh guru baik sikap, prilaku, dan keteladanan yang
diberikan. Oleh karena itu sudah seharusnya guru menjadikan dirinya teladan yang
baik dan ideal. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana
menumbuhkan mindset keteladanan guru ideal pada guru dan bagaimana Strategi
penerapan keteladanan guru ideal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mindset
keteladanan guru ideal berdasarkan buku Begini Seharusnya Menjadi Guru karya
Fu’ad bin Abdul Aziz asy-Syalhub; dan mendeskripsikan strategi penerapannya.
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka, yaitu kajian literatur melalui
riset kepustakaan dari buku Begini Seharusnya Menjadi Guru (Panduan Lengkap
Metodologi Pengajaran Cara Rasulullah shallallāhu ‘alaihi wa sallam); terjemahan
dari kitab al-Mu’allim al-awwal (Qudwah Likulli Mu’allim wa Mu’allimah) karya
Fu’ad bin Abdul Aziz asy-Syalhub dan data lain yang ada relevansinya terhadap
pembahasan pada penelitian skripsi ini. Pendekataan atau sifat yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis-deskriptif dan metode analisis data menggunakan
content analysis. Teknik pengumpulan data penulisannya melalui dokumentasi dan
wawancara baik terhadap data primer maupun data sekunder, data yang sudah
terkumpul kemudian dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan yang diinginkan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) bagaimana menumbuhkan mindset
keteladanan guru ideal pada guru yaitu memahami hakekat guru, meyakini metode
nabi penuh keteladanan, dan menjadikan siswa cermin bagi guru. (2) bagaimana
strategi penerapan keteladanan guru ideal yaitu mengetahui perannya dengan jelas,
menyiapkan bahan materi pelajaran efektif, teknik dan metode pengajaran yang
tepat, dan jadilah pribadi guru penuh cinta.
NIM. 09410157 FIKRI ARIEF HUSAEN 2014-11-20T01:17:40Z2014-11-20T01:17:40Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14601This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/146012014-11-20T01:17:40ZKONSEP KETELADANAN GURU IDEAL BERDASARKAN BUKU BEGINI
SEHARUSNYA MENJADI GURU (PANDUAN LENGKAP METODOLOGI
PENGAJARAN CARA RASULULLAH SHALLALLÂHU ‘ALAIHI WA
SALLAM) KARYA FU’AD BIN ABDUL AZIZ ASY-SYALHUB
FIKRI ARIEF HUSAEN. Konsep Keteladanan Guru Ideal Berdasarkan Buku
Begini Seharusnya Menjadi Guru (Panduan Lengkap Metodologi Pengajaran Cara
Rasulullah shallallāhu ‘alaihi wa sallam) karya Fu’ad bin Abdul Aziz asy-Syalhub.
Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa
Guru adalah ujung tombak gerakan perubahan dan dipundaknya terpikul tanggung
jawab yang agung dalam membentuk generasi dan mengarahkan para anak didiknya.
Seorang guru adalah peletak batu pertama dalam menjadikan sumber daya manusia
ahli dan mencetak generasi baik berkualitas. Maka itu diperlukannya keteladanan
yang baik dan ideal bagi guru agar terwujudnya harapan generasi yang cemerlang
dan gemilang. Akan tetapi bila melihat realita yang ada saat ini masih ada sebagian
dari guru yang masih jauh dari keteladanan sebagaimana mestinya. Guru mengajar
sekedarnya saja, bersifat apatis, merasa beban dan terpaksa dalam mengajar,
sehingga nilai-nilai keteladanan dan kemuliaan guru hampa. Tentunya hal tersebut
membawa dampak negatif terhadap anak didik yang masih membutuhkan bimbingan
dan keteladanan dari sosok seorang guru. Tingkah laku anak didik adalah cerminan
dari apa yang diajarkan oleh guru baik sikap, prilaku, dan keteladanan yang
diberikan. Oleh karena itu sudah seharusnya guru menjadikan dirinya teladan yang
baik dan ideal. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana
menumbuhkan mindset keteladanan guru ideal pada guru dan bagaimana Strategi
penerapan keteladanan guru ideal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mindset
keteladanan guru ideal berdasarkan buku Begini Seharusnya Menjadi Guru karya
Fu’ad bin Abdul Aziz asy-Syalhub; dan mendeskripsikan strategi penerapannya.
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka, yaitu kajian literatur melalui
riset kepustakaan dari buku Begini Seharusnya Menjadi Guru (Panduan Lengkap
Metodologi Pengajaran Cara Rasulullah shallallāhu ‘alaihi wa sallam); terjemahan
dari kitab al-Mu’allim al-awwal (Qudwah Likulli Mu’allim wa Mu’allimah) karya
Fu’ad bin Abdul Aziz asy-Syalhub dan data lain yang ada relevansinya terhadap
pembahasan pada penelitian skripsi ini. Pendekataan atau sifat yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis-deskriptif dan metode analisis data menggunakan
content analysis. Teknik pengumpulan data penulisannya melalui dokumentasi dan
wawancara baik terhadap data primer maupun data sekunder, data yang sudah
terkumpul kemudian dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan yang diinginkan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) bagaimana menumbuhkan mindset
keteladanan guru ideal pada guru yaitu memahami hakekat guru, meyakini metode
nabi penuh keteladanan, dan menjadikan siswa cermin bagi guru. (2) bagaimana
strategi penerapan keteladanan guru ideal yaitu mengetahui perannya dengan jelas,
menyiapkan bahan materi pelajaran efektif, teknik dan metode pengajaran yang
tepat, dan jadilah pribadi guru penuh cinta.
NIM. 09410157 FIKRI ARIEF HUSAEN 2015-01-28T02:09:07Z2015-01-28T02:09:07Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15357This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/153572015-01-28T02:09:07ZKONSEP KETELADANAN GURU IDEAL BERDASARKAN BUKU BEGINI
SEHARUSNYA MENJADI GURU (PANDUAN LENGKAP METODOLOGI
PENGAJARAN CARA RASULULLAH SHALLALLÂHU ‘ALAIHI WA
SALLAM) KARYA FU’AD BIN ABDUL AZIZ ASY-SYALHUB
FIKRI ARIEF HUSAEN. Konsep Keteladanan Guru Ideal Berdasarkan Buku
Begini Seharusnya Menjadi Guru (Panduan Lengkap Metodologi Pengajaran Cara
Rasulullah shallallāhu ‘alaihi wa sallam) karya Fu’ad bin Abdul Aziz asy-Syalhub.
Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa
Guru adalah ujung tombak gerakan perubahan dan dipundaknya terpikul tanggung
jawab yang agung dalam membentuk generasi dan mengarahkan para anak didiknya.
Seorang guru adalah peletak batu pertama dalam menjadikan sumber daya manusia
ahli dan mencetak generasi baik berkualitas. Maka itu diperlukannya keteladanan
yang baik dan ideal bagi guru agar terwujudnya harapan generasi yang cemerlang
dan gemilang. Akan tetapi bila melihat realita yang ada saat ini masih ada sebagian
dari guru yang masih jauh dari keteladanan sebagaimana mestinya. Guru mengajar
sekedarnya saja, bersifat apatis, merasa beban dan terpaksa dalam mengajar,
sehingga nilai-nilai keteladanan dan kemuliaan guru hampa. Tentunya hal tersebut
membawa dampak negatif terhadap anak didik yang masih membutuhkan bimbingan
dan keteladanan dari sosok seorang guru. Tingkah laku anak didik adalah cerminan
dari apa yang diajarkan oleh guru baik sikap, prilaku, dan keteladanan yang
diberikan. Oleh karena itu sudah seharusnya guru menjadikan dirinya teladan yang
baik dan ideal. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana
menumbuhkan mindset keteladanan guru ideal pada guru dan bagaimana Strategi
penerapan keteladanan guru ideal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mindset
keteladanan guru ideal berdasarkan buku Begini Seharusnya Menjadi Guru karya
Fu’ad bin Abdul Aziz asy-Syalhub; dan mendeskripsikan strategi penerapannya.
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka, yaitu kajian literatur melalui
riset kepustakaan dari buku Begini Seharusnya Menjadi Guru (Panduan Lengkap
Metodologi Pengajaran Cara Rasulullah shallallāhu ‘alaihi wa sallam); terjemahan
dari kitab al-Mu’allim al-awwal (Qudwah Likulli Mu’allim wa Mu’allimah) karya
Fu’ad bin Abdul Aziz asy-Syalhub dan data lain yang ada relevansinya terhadap
pembahasan pada penelitian skripsi ini. Pendekataan atau sifat yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis-deskriptif dan metode analisis data menggunakan
content analysis. Teknik pengumpulan data penulisannya melalui dokumentasi dan
wawancara baik terhadap data primer maupun data sekunder, data yang sudah
terkumpul kemudian dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan yang diinginkan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) bagaimana menumbuhkan mindset
keteladanan guru ideal pada guru yaitu memahami hakekat guru, meyakini metode
nabi penuh keteladanan, dan menjadikan siswa cermin bagi guru. (2) bagaimana
strategi penerapan keteladanan guru ideal yaitu mengetahui perannya dengan jelas,
menyiapkan bahan materi pelajaran efektif, teknik dan metode pengajaran yang
tepat, dan jadilah pribadi guru penuh cinta.
NIM. 09410157 FIKRI ARIEF HUSAEN