Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:55:23ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-10-17T07:27:49Z2016-10-17T07:27:49Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22485This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/224852016-10-17T07:27:49ZHUBUNGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN
DENGAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADIST
SISWA KELAS VIII MTS TARUNA AL QUR’AN YOGYAKARTAFIRDA NAILUROHMAH. Hubungan kemampuan menghafal Al-Qur’an
dengan prestasi belajar Al-Qur’an Hadist siswa kelas VIII MTs Taruna Al-Qur’an
Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016.
Latar belakang penelitian ini bahwa adanya isyarat dari Allah untuk
memelihara Al-Qur’an baik melalui bacaan maupun tulisan. Salah satu cara untuk
menjaga Al-Qur’an melalui hafalan. Salah satu lembaga pendidikan yang
berkonsentrasi pada hafalan adalah MTs Taruna Al Qur’an Yogyakarta. MTs
Taruna Al Qur’an mendapatkan nilai tertinggi dalam UAMBN tahun 2015,
termasuk mata pelajaran Al-Qur’an Hadist mendapatkan nilai tertinggi di wilayah
Yogyakarta. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui adakah hubunga yang positif
antara kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan prestasi belajar Al-Qur’an Hadist
siswa kelas VIII MTs Taruna Al Qur’an Yogyakarta.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Putri MTs Taruna Al Qur’an
Yogyakarta sebanyak 56 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive
sampling (pengambilan sampel dengan tujuan). Pengumpulan data dilakukan
dengan dokementasi, wawancara, dan observasi. Analisis data meliputi analisis
deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan uji analisis korelasi
Spearman Rank.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kemampuan menghafal
Al-Qur’an siswa kelas VIII MTs Taruna Al Qur’an adalah baik. 2) Prestasi belajar
Al-Qur’an Hadist siswa kelas VIII MTs Taruna Al Qur’an Yogyakarta adalah
tinggi. 3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan menghafal
Al-Qur’an dengan prestasi belajar Al-Qur’an Hadist siswa kelas VIII MTs Taruna
Al Qur’an Yogkayarta (NIM. 12410080 FIRDA NAILUROHMAH