Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:24:45ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-03-17T08:44:18Z2016-03-17T08:44:18Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19872This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/198722016-03-17T08:44:18ZPENDIDIKAN AKHLAK
(STUDI ATAS PEMIKIRAN HAMKA DALAM TAFSIR AL-AZHAR DAN BISRI MUSTOFA DALAM TAFSIR AL-IBRIZ)Firman Sidik (1320411167). Pendidikan Akhlak (Studi atas Pemikiran
Hamka dalam Tafsir al-Azhar dan Bisri Mustofa dalam Tafsir al-Ibriz). Tesis.
Konsentrasi Pemikiran Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Islam,
Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.
Pendidikan akhlak merupakan suatu proses yang dapat menumbuh
kembangkan sikap manusia agar menjadi lebih sempurna, sehingga berdampak
positif bagi kehidupan. Dengan demikian, pendidikan akhlak sangat dibutuhkan,
mengingat realitas sekitar yang berada di tengah-tengah arus modernisasi dan
westerrnisasi, semakin menunjukan kemerosotan akhlak. baik yang dilakukan
oleh kaum awam, maupun para kaum intelektual. terlebih yang menjadi fokus
kajian dalam penelitian ini yaitu yang berkategori remaja. pendidikan akhlak
dalam penelitian ini di konstruk dari pemikiran Hamka dalam Tafsir al-Azhar dan
Bisri Mustofa dalam Tafsir al-Ibriz.
Berdasarkan kajiannya, penelitian ini merupakan jenis penelitian
kepustakaan (library research), yang data-datanya diperoleh dari studi pustaka.
Adapun proses pengumpulan data, penulis menggunakan pendekatan tematik,
yaitu berusaha menemukan ayat-ayat al-Qur’an yang mengandung tema tertentu,
yang dalam penelitian ini adalah pendidikan akhlak, kemudian mengambil sebuah
kesimpulan. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi
(content analysis), dengan menggunakan metode deduktif, induktif, komparatif,
dan kesinambungan historis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Nilai-nilai akhlak yang terkandung
dalam Tafsir al-Azhar dan Tafsir al-Ibriz penulis membagi menjadi lima tema
umum, yakni pertama, akhlak terhadap Allah Swt, yang meliputi nilai tauhid, nilai
larangan berbuat syirik, dan nilai tawakal. Kedua, Akhlak terhadap kedua
orangtua, yang meliputi, nilai berbakti kepada kedua orangtua, nilai menghormati
kedua orangtua, dan nilai mentaati perintah kedua orangtua. Ketiga, akhlak
terhadap diri sendiri, yang meliputi, nilai syukur, nilai sabar, nilai menuntut ilmu,
dan nilai menjaga kesucian. Keempat, akhlak terhadap sesama, yang meliputi,
nilai larangan berbuat sombong, nilai berbuat baik, dan nilai saling menghormati.
Kelima, akhlak terhadap lingkungan, yang meliputi nilai larangan merusak
lingkungan, dan nilai melestarikan lingkungan. Dalam kaitan itu, agar kelima
aspek nilai tersebut dapat diinternalisasikan, serta berkontribusi positif terhadap
pembinaan akhlak remaja, maka dalam praktiknya dapat menggunakan strategi
moral knowing, strategi moral loving/moral feeling, dan strategi moral
doing/moral action. Sehingga, setiap remaja dapat memiliki akhlak yang mulia
terhadap Allah Swt, akhlak mulia terhadap kedua orangtua, akhlak mulia terhadap
diri sendiri, akhlak mulia terhadap sesama, dan akhlak mulia terhadap lingkungan.NIM. 1320411167 FIRMAN SIDIK